Dewi Dina Ulyana, Ulyana Dewi Dina (2023) PENGGUNAAN METODE CERAMAH PLUS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP PLUS HIDAYATUL MUBTADI`IN MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
Cover.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (141kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (217kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (297kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (73kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (308kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (178kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (39kB) | Request a copy |
Abstract
Dewi Dina Ulyana. 2023. Penggunaan Metode Ceramah Plus dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran PAI di SMP Plus Hidayatul Mubtadi`in Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam. Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly al-Hikam Malang. Pembimbing : Misbahul Munir M.Pd.I Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam Metode pembelajaran adalah cara atau teknik penyajian bahan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru saat menyajikan bahan pembelajaran, baik secara individu maupun berkelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran PAI di SMP Plus Hidayatul Mubtadi`in dengan menggunakan metode ceramah plus serta faktor-faktor penggunaan metode ceramah plus dalam pembelajaran PAI di SMP Plus Hidayatul Mubtadi`in diantaranya pendukung dan penghambat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dan subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, ketua santriwati dan empat peserta didik kelas VIII B di SMP Plus Hidayatul Mubtadi`in. pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya mengolah data sesuai dengan masalah yang dikemukakan melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan, selanjutnya diadakan triangulasi untuk mengembangkan validitasi (kesahihan) data penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI dengan metode ceramah plus di SMP Plus Hidayatul Mubtadi`in terlaksana dengan baik, dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan penutup yang dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran sehingga hasil belajar, baik berupa nilai, pengetahuan dan pengalaman tentang ilmu keagamaan peserta didik lebih baik dari pembelajaran sebelumnya. Adapun faktor yang mendukung proses pembelajaran adalah sarana prasarana, guru, lingkungan, dan siswa, sedangkan faktor penghambatnya siswa dan waktu.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | B Karya Umum > BD penelitian G Sosial > GA Pembelajaran G Sosial > GB Pendidikan D Agama > D Agama |
Depositing User: | Dewi Dina Ulyana 1977011362 |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 02:13 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 02:13 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/634 |
Actions (login required)
View Item |