Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

Dewi Dina Ulyana, Ulyana Dewi Dina (2023) PENGGUNAAN METODE CERAMAH PLUS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP PLUS HIDAYATUL MUBTADI`IN MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (141kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (217kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (39kB) | Request a copy

Abstract

Dewi Dina Ulyana. 2023. Penggunaan Metode Ceramah Plus dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran PAI di SMP Plus Hidayatul Mubtadi`in Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam. Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly al-Hikam Malang. Pembimbing : Misbahul Munir M.Pd.I Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam Metode pembelajaran adalah cara atau teknik penyajian bahan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru saat menyajikan bahan pembelajaran, baik secara individu maupun berkelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran PAI di SMP Plus Hidayatul Mubtadi`in dengan menggunakan metode ceramah plus serta faktor-faktor penggunaan metode ceramah plus dalam pembelajaran PAI di SMP Plus Hidayatul Mubtadi`in diantaranya pendukung dan penghambat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dan subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, ketua santriwati dan empat peserta didik kelas VIII B di SMP Plus Hidayatul Mubtadi`in. pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya mengolah data sesuai dengan masalah yang dikemukakan melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan, selanjutnya diadakan triangulasi untuk mengembangkan validitasi (kesahihan) data penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI dengan metode ceramah plus di SMP Plus Hidayatul Mubtadi`in terlaksana dengan baik, dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan penutup yang dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran sehingga hasil belajar, baik berupa nilai, pengetahuan dan pengalaman tentang ilmu keagamaan peserta didik lebih baik dari pembelajaran sebelumnya. Adapun faktor yang mendukung proses pembelajaran adalah sarana prasarana, guru, lingkungan, dan siswa, sedangkan faktor penghambatnya siswa dan waktu.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: B Karya Umum > BD penelitian
G Sosial > GA Pembelajaran
G Sosial > GB Pendidikan
D Agama > D Agama
Depositing User: Dewi Dina Ulyana 1977011362
Date Deposited: 23 Sep 2024 02:13
Last Modified: 23 Sep 2024 02:13
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/634

Actions (login required)

View Item View Item