Ratnasari, Hanis (2024) PERAN GURU TAHFIZH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PADA PROGRAM AKSELERASI TAHFIZH QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH TERPADU AR-ROIHAN LAWANG MALANG. S2 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
COVER.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
BAB 1.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (436kB) |
|
Text
BAB 2.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (918kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (274kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (634kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (357kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 6.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (193kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (236kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran tahfizh Al-Qur’an merupakan hal yang sangat penting untuk dikembangkan agar dapat melahirkan generasi penerus bangsa yang berlandaskan Al-Qur’an. Oleh karena itu MIT Ar-Roihan Lawang Malang mendirikan Program Akselerasi tahfizh Qur’an untuk mewadahi peserta didik yang ingin fokus menghafal Al-Qur’an. Selain itu komitmen orang tua untuk bersedia mendampingi putra putrinya muroja’ah di rumah juga sangat penting. Pembelajaran tahfizh untuk anak usia dini menjadi tantangan bagi para pendidik. Oleh karena itu dibutuhkan peran Guru Tahfizh dalam meningkatkan mutu pembelajaran tahfizh. Tujuan dari penelitian ini mencakup dua rumusan masalah: 1) Untuk Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tahfizh Qur’an pada Program Akselerasi tahfizh Qur’an MIT Ar-Roihan Lawang Malang 2) untuk mendeskripsikan peran Guru Tahfizh dalam meningkatkan mutu pembelajaran tahfizh pada Program Akselerasi tahfizh Qur’an MIT Ar-Roihan Lawang Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang bersifat interaktif. Pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif (Miles, Huberman, dan Saldana) yang meliputi kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Cek keabsahan data dengan credibility, transferability, dependability, dan confirmability . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran tahfizh Qur’an pada Program Akselerasi tahfizh Qur’an MIT Ar-Roihan Lawang Malang meliputi : a) Seleksi peserta didik akselerasi tahfizh; b) Tugas-tugas Guru Tahfizh yang meliputi merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi; c) Materi-materi yang diajarkan ketika pembelajaran tahfizh antara lain hafalan Qur’an, hafalan do’a, Tilawati, dan Khot; d) Metode pembelajaran tahfizh yang meliputi metode Talaqqi dan Tasmi’; e) Langkah-langkah pembelajaran tahfizh yang meliputi pembukaan, muroja’ah, penambahan hafalan baru, peserta didik melakukan hafalan, setoran hafalan, dan penutup 2) peran Guru Tahfizh dalam meningkatkan mutu pembelajaran tahfizh pada Program Akselerasi tahfizh Qur’an yang meliputi peran guru sebagai: a) Administrator; b) Educator; c) Manager; d) Fasilitator; e) Supervisor; f) Motivator; dan f) Evaluator. Kata Kunci: Mutu Pembelajaran, Peran Guru Tahfizh, Program Akselerasi tahfizh Qur’an.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | B Karya Umum > BD penelitian G Sosial > GB Pendidikan D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hanis Ratnasari 2212120145 |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 03:02 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 03:46 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/589 |
Actions (login required)
View Item |