Putra Yudha, Muhammad (2024) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM KARYA K.H. HASYIM ASY’ARI DAN RELEVANSINYA DENGAN KURIKULUM MERDEKA (Studi Literasi Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim Karya K.H. Hasyim Asy’ari). S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
Cover.docx.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
Bab I.docx.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (586kB) |
|
Text
Bab II.docx.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (634kB) | Request a copy |
|
Text
Bab III.docx.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (826kB) | Request a copy |
|
Text
Bab IV.docx.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (715kB) | Request a copy |
|
Text
Bab V.docx.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (401kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.docx.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (457kB) |
Abstract
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) menjadi salah satu faktor utama dari terbentuknya era baru dalam kehidupan. Pendidikan adalah salah satu hal yang sangat dibutuhkan untuk bertahan hidup dalam perkembangan IPTEK. Seorang pendidik harus mampu memperhatikan dan menggerakkan peserta didik ke arah yang lebih baik agar tidak terjerumus dalam perkembangan IPTEK yang pesat ini. Pemerintah telah mengeluarkan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan zaman di era sekarang ini, yakni adalah Kurikulum Merdeka Belajar dimana kurikulum ini menyinggung tentang etika yang dimiliki oleh seorang peserta didik dalam profil pelajar pancasila dan seorang pendidik dalam profil guru penggerak. Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim adalah salah satu kitab pendidikan karakter karangan K.H. Hasyim Asy’ari yang berisikan tentang pendidikan karakter. Begitu pula dengan kurikulum merdeka yang digunakan di beberapa sekolah pada saat ini juga mengarahkan pendidik dan peserta didik ke arah karakter yang lebih baik lagi. Oleh karena itu, peneliti berusaha untuk merelevansikan antara kurikulum yang dikeluarkan oleh pemerintah saat ini dengan kitab karangan K.H. Hasyim Asy’ari sehingga diperoleh rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim dan relevansinya dengan Profil Pelajar Pancasila; (2) Bagaimana nilai-nilai pendidikan dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim dan relevansinya dengan Profil Guru Penggerak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi literasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitan ini menggunakan sumber data dari kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim, Buku Saku Kurikulum Merdeka dan beberapa jurnal-jurnal untuk mendukung sumber data yang telah ada. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini ialah menggunakan teknik analisis Miles & Huberman dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Penentuan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Dari hasil penelitian tersebut dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwasannya dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim terdapat banyak sekali nilai-nilai pendidikan yang dapat diambil baik itu sebagai seorang pendidik maupun seorang pelajar. Beberapa nilai pendidikan tersebut berrelevan dengan kurikulum merdeka dalam profil pelajar Pancasila dan profil guru penggerak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Putra Yudha 1977011297 |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 02:58 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 03:46 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/586 |
Actions (login required)
View Item |