Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

Zulaikha, Anis (2022) PENGARUH APLIKASI GAWAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 16 MALANG. S2 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
Halaman Judul (2) (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (631kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (310kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (835kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (93kB)

Abstract

Anis Zulaikhah.2021. Pengaruh Aplikasi Gawai Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 16 Malang . Tesis, Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam “Ma;had Aly Al-Hikam” Malang. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Kasuwi Saiban , M.Ag (II) Dr. Abd. Azis Tata Pangarsa, M.Pd Kata kunci : Aplikasi Gawai, Prestasi Belajar Sebelum terjadi pandemi siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan tatap muka, sehingga terjadi interaksi antara guru dan murid secara langsubng, di karenakan pandemi belum berakhir maka pembelajaran saat ini dilaksanakan secara daring. Dalam mata pelajaran PAI siswa diperbolehkan untuk menggunakan gawai di dalam proses belajar dengan tujuan agar siswa dan guru dapat melakukan proses belajar mengajar dengan lancar, melalui gawai sebagai media dan sumber belajar siswa dan guru bisa menggunakan berbagai aplikasi yang terdapat di dalam gawai untuk menunjang pembelajaran, antara lain youtube, whats app, AZ screenrecorder, telegram dan masih banyak lagi. Dengan adanya hal tersebut maka guru memiliki tantangan bagaimana materi pelajaran bisa di sampaikan secara maksinal dan juga prestasi siswa tetap bisa di pertahankan walaupun pembelajaran di laksanakan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana tingkat penggunaan gawai siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 16 Malang? (2) Bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 16 Malang? (3) Bagaimana pengaruh aplikasi gawai terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 16 Malang? Penelitian ini di lakukan dengan jenis penelitian kuantitatif yang berbentuk studi korelasi, yaitu penelitian yang mempelajari hubungan saling mempengaruhi antar dua variabel atau lebih. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1)Tingkat penggunaan gawai pada siswa pada mata pelajaran PAI di ketahui bahwa rata-rata siswa kelas VIII aktif dalam penggunaan gawai dalam kesehariannya. (2)Dari analisis data prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Malang. Maka prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Malang dapat dikategorikan lebih dari cukup, karena mendapat nilai 72,48. (3)Terdapat pengaruh yang signifikanantara variabel X (aplikasi gawai) terhadap variabel Y (prestasi belajar) dengan koefisien regresi sebesar 3,283. Berdasarkan temuan temuan di atas di kemukakan saran-saran : (1)Sekolah diharapkan dapat mendidik para peserta didik dengan maksimal, sehingga peserta didik dapat menunjukkan potensi, bakat dan prestasi peserta didik. (2)Bagi wali kelas hendaknya melakukan pendekatan kepada peserta didik yang selalu banyak bermain gawai pada malam harinya. Dan ini juga harus di rundingkan dengan pihak BP dan Orang tua peserta didik sehingga peserta didik tersebut tidak ketinggalan pelajaran dari peserta didik lainnya. (3). Kepada seluruh peserta didik SMP Negeri 16 Malang hendak menaati peraturan atau tata tertib di sekolah. Agar kegiatan belajar mengajar tetap aman, nyaman dan tenang.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: A General > Indexes (General)
D Agama > D Agama
Depositing User: Anis Zulaikhah 202120008
Date Deposited: 03 Jul 2024 04:11
Last Modified: 12 Jul 2024 05:03
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/578

Actions (login required)

View Item View Item