Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

mawardani, Dian Arum (2023) Penerapan Punishment Sebagai Upaya Membentuk Karakter Disiplin Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pujon. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
9I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (430kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (158kB)

Abstract

Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pujon Desa tawangasari Kecamatan Pujon Kabupaten Malang merupakan lembaga formal yang bertujuan untuk pembentukan karakter disiplin siswa. Kedisiplinan sangat dibutuhkan dalam proses berlangsungnya pendidikan. Disiplin merupakan suatu perilaku ketaatan atau kepatuhan pada peraturan. Karakter disiplin yang tertanam pada siswa dapat mengendalikan tingkah lakunya sehingga siswa selalu patuh pada peraturan dan tata tertib yang ada. Dengan karakter disiplin kegiatan pembelajaran akan berlangsung dengan lancar. Oleh sebab itu, dalam proses membentuk karakter disiplin siswa salah satu metode yang diterapkan adalah dengan memberikan punishment kepada siswa yang melanggar peraturan dan tata tertib sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan bentuk punishment yang diterapkan di SMP Negeri 2 Pujon, (2)mendeskripsikan penerapan punishment dalam meningkatkan kedisipinan siswa di SMP Negeri 2 Pujon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Objek yang diteliti adalah pembentukan karakter disiplin siswa di SMP Negeri 2 Pujon. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian skripsi ini menunjukan bahwa, terdapat 2 bentuk punishment yang diterapkan di SMP Negeri 2 Pujon yaitu punishment teguran dan punishment fisik. Pelaksanaan penerapan punishment dilakukan dengan menggunakan sistem skor yang telah disepakati oleh seluruh masyarakat sekolah. Terdapat tiga kategori pelanggaran yaitu pelanggaran ringan dengan bobot skor 5-20, pelanggaran sedang dengan skor 25-50, dan pelanggaran berat dengan skor 55-75. Dampak penerapan punishment yang terjadi di SMP Negeri 2 Pujon yakni terdapat peningkatan dalam kedisplinan siswa ketika berangkat sekolah, kerapian dan kelengkapan siswa dalam memakai atribut seragam, serta kegiatan pembelajaran lebih kondusif. Adapun karakter yang di dapat dari penelitian ini adalah siswa memiliki karakter disiplin yang baik berupa kedisiplinan dalam berangkat sekolah, kedisiplinan dalam kerapian berseragam, dan kedisiplinan mengikuti kegiatan pembelajaran dengan tertib. Melalui karakter disiplin yang baik sekolah dapat mewujudkan misi dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Hal ini membuktikan bahwa penerapan punishment efektif membentuk karakter disiplin siswa Sekolah Menengah Pertama 2 Pujon.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: M Ilmu Terapan > M Ilmu Terapan
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian arum mawar dani 1977011377
Date Deposited: 03 Jun 2024 02:08
Last Modified: 12 Jul 2024 05:27
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/513

Actions (login required)

View Item View Item