YAZID, ABA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA AL FALAH HMM TIMIKA. S2 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (49kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (182kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (130kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (377kB) | Request a copy |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (443kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (735kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (474kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (474kB) | Request a copy |
|
Text
Cover Thesis.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Yazid, Aba 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA HMM Al Falah Timika. Tesis, Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam Malang. Pembimbing : Dr. Mufarrihul Hazin, M.Pd., Dr. Nury Firdausia, M. Pd.i Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Minat Belajar, Hasil Belajar Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dilakukan oleh seorang pendidik dalam proses pembelajaran seharusnya bisa di aplikasikan dengan baik. Hal ini dilakukan untuk menciptakan suasana kelas yang menarik dan nyaman agar siswa tidak merasa jenuh ketika proses pembelajaran berlangsung, sehingga berpengaruh kepada siswa akan menghasilkan minat dan hasil belajar yang baik. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yakni: 1). Apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Minat belajar Peserta didik pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al Falah HMM Timika, 2). Apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Peserta didik pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al Falah HMM Timika. Sedangkan populasi dalan penelitian ini sebanyak 38 siswa dengan sampel 19 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menginterpretasi pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Minat Belajar dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Al Falah HMM Timika. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimen design dengan Instrumen Pretest dan Posttest, teknik pengumpulan data kuesioner (angket), dan dokumentasi. Instrumen ini menggunakan soal Pretest dan Posttest dan Kuesioner di tujukan kepada 19 Peserta didik kelas X IPA sebagai Experimen dan kepada 19 peserta didik X IPS sebagai kontrol untuk mengetahui Minat dan Hasil Belajar Peserta didik, dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang minat dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam, sejarah singkat berdirinya sekolah, visi misi sekolah, kondisi, identitas, sarana dan prasarana, serta struktur organisasi sekolah SMA Al Falah HMM Timika. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Minat belajar dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Al Falah HMM Timika. Hal ini terbukti dari pengujian hipotesis menggunakan Manova sehingga diperoleh nilai signifikan untuk pengaruh X secara simultan terhadap Y1 dan Y2 adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan Kuesioner dengan uji Validitas dan releabilitas dengan nilai rata-rata F hitung 0,716 > t tabel 0,455, sehingga dapat diartikan bahwa hipotesis diterima yang berarti terdapat pengaruh X secara simultan terhadap Y1 dan Y2. Adapun dari hasil perhitungan koefisien diterminasinya penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki kontribusi atau pengaruh yang signifikan dalam mempengaruhi Minat belajar dan Hasil Belajar Peserta didik pada Pendidikan Agama Islam di SMA Al Falah HMM Timika.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aba Yazid 202120047 |
Date Deposited: | 11 May 2024 04:02 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 05:31 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/457 |
Actions (login required)
View Item |