Nafisah, Durrotun (2024) IMPLEMENTASI BUKU PRAKTEK UBUDIYAH SSKU (STANDARISASI SISWA KADER ULAMA) UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN PAI DI MADRASAH ALIYAH ALMAARIF SINGOSARI. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
BAB 1.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (408kB) |
|
Text
BAB 2.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (938kB) |
|
Text
BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (810kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (245kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (714kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 6.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (134kB) | Request a copy |
|
Text
COVER.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (842kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (217kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan secara ideal adalah proses pembelajaran yang didalamnya menumbuhkembangan dari aspek kognitif (pengetahuan), afektik (sikap) dan psikomotorik (keterampilan) siswa dengan seimbang. Pendidikan Agama Islampun secara ideal didalamnya, siswa harus mampu memahami, memiliki keterampilan dan mampu mengamalkan agamanya dengan benar. Dengan membekali dan melatih segala aspek yang ada didalam diri siswa (pengetahuan, sikap dan keterampilan) serta memberi pemahaman keagamaan yang benar sesuai syariat, maka siswa mampu menjaga dengan kokoh keimanannya dan prinsipnya ditengah perubahan dunia yang begitu cepat dan tak terbatas ini. Karena, apabila siswa hanya dibekali kemampuan kognitif saja, siswa tidak akan mampu menerapkan, mempraktikkan ataupun mengamalkan materi agama dengan baik. Oleh sebab itu, MA Almaarif Singosari membuat SSKU (Standarisasi Siswa Kader Ulama) sebagai media peningkatan kualitas siswa dan baru – baru ini juga, Kemenag Jatim mengeluarkan peraturan SKUA bagi setiap madrasah harus melaksanakan SKUA sebagai penguatan terhadap materi PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui isi materi buku praktek ubudiyah SSKU di MA Almaarif Singosari, (2) Mengetahui implementasi buku praktek ubudiyah SSKU di MA Almaarif Singosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode kualitatif, yakni memaparkan gambaran dari sebuah kejadian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Isi materi buku praktek ubudiyah SSKU sudah bisa dikatakan baik, yang mana disetiap tingkat buku SSKU dari ula, wustho,dan ‘ulya didalamnya ada untuk pemenuhan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. (2) Implementasi buku SSKU ini ada tiga tahap, yakni Pertama, perencanaan yang dimulai dari merencakan tujuan, menentukan prosedur dan ketentuan dari pelaksanaan SSKU di kelas, dan jadwal pelaksanaannya. Kedua, pelaksanaan SSKU di kelas dengan empat macam kegiatan, yaitu menghafalkan, menjelaskan, mempraktekkan secara individu dan berkelompok. Ketiga, evaluasi untuk program SSKU dilakukan setiap tahunnya dimana mencakup jadwal dan guru penguji di kelas, dan evaluasi untuk buku SSKU dilakukan sesuai kebutuhan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, SSKU, Pembelajaran PAI |
Subjects: | A General > Indexes (General) B Karya Umum > BD penelitian D Agama > D Agama M Ilmu Terapan > M Ilmu Terapan |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Durrotun Nafisah 1977011286 |
Date Deposited: | 03 May 2024 06:14 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 04:23 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/443 |
Actions (login required)
View Item |