Nur, Irna (2022) Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTS Ahmad Yani Jabung. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (509kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (496kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (216kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (179kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (422kB) | Request a copy |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (519kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (302kB) |
|
Text
Cover dan Lampiran fix.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
Hasil belajar adalah suatu hal yang sangat penting dalam pembelajaran. Di temukan permasalahan di MTS Ahmad Yani Jabung salah satunya adalah kurangnya pemahaman dan kemampuan siswa dalam mempelajari pelajaran PAI khususnya pada materi zakat sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa dan kemampuan belajar yang baik salah satunya yaitu model pembelajaran discovery learning yang dapat mealatih kemampuan berfikir kritis dan analistis serta kreatif sehingga menjadikan belajar menjadi lebih bermakna bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui: (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi fiqih di MTS Ahmad Yani Jabung. (2) untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran discovery learning. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (quasi eksperimental design) dengan menggunakan dua kelas, kelas pertama menggunakan model ceramah dan kelas kedua menggukan model discovery learning pada materi yang sama dengan menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) adanya pengaruh antara penggunaan model pembelajaran discovery learning dengan hasil belajar siswa pada materi zakat yang telah dilakukan pada kelas eksperimen yaitu dengan dilakukanya uji t berpasangan antara soal pree-test dan post-test ditemukan hasil sebagai berikut yaitu Pengambilan Keputusan: Diketahui bahwa nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0.000 < 0.05, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar fiqih dengan model pembelajaran discovery learning Pada data pretest dan posttest di kelas eksperimen. Sehingga terdapat pengaruh antara model pembelajaran discovery learning dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. (2) respon siswa terhadap hasil model pembelajaran discovery learning. responden I memiliki skor 87,5 %, responden II memiliki skor 95 %, dan responden III memiliki skor 97,5 % yang mana dengan kriteria responden I adalah siswa yang memiliki nilai post-test rendah kemudian responden II adalah siswa dengan nilai post-test sedang dan responden III dengan siswa yang post-test dengan nilai tinggi sehingga jika di lihat dari presentase penilaian respon siswa maka terdapat respon yang baik yaitu siswa MTS Ahmad Yani Jabung menggunakan model pembelajaran discovery learning adalah suka.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | D Agama > D Agama |
Depositing User: | Irna Nur Solikah 201877011109 |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 01:36 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 04:55 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/383 |
Actions (login required)
View Item |