Musallimah, Aisyah (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM KULLIYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH (KMI) PADA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN SIROH NABAWIYAH (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Putri 2 Morotanjek, Singosari). S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
cover.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (909kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (677kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (714kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (505kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (792kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (738kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (312kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (192kB) | Request a copy |
Abstract
Seiring menjamurnya Pondok Pesantren di Indonesia, juga menjadi pemicu maraknya kurikulum pendidikan yang bermacam-macam dan variatif. Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Putri 2 (PPDU Putri 2), Singosari Malang merupakan salah satu institusi yang meneruskan serta memodifikasi kurikulum Kulliyatul Muallimin Al Islamiyah atau KMI menyesuaikan dengan visi, misi, dan tujuan dari lembaga itu sendiri. Peneliti melakukan penelitian untuk mendeskripsikan landasan filosofi penerapan implementasi kurikulum KMI di PPDU Putri 2 dan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum KMI pada pembelajaran Siroh Nabawiyah di PPDU Putri 2 menggunakan metode penelitian studi kasus yang melibatkan beberapa guru dan siswa sebagai responden, untuk mendapatkan informasi melalui persepsi, pertemuan dan penyelidikan laporan. Konsekuensi dari penelitian tersebut menyatakan bahwa alasan filosofis dilakukannya model KMI adalah menjadikan PPDU Putri 2 sebagai sumber informasi keislaman, bahasa al-Qur'an, dan informasi umum dengan tetap memiliki jiwa pengalaman hidup sekolah yang berjiwa keislaman yang mampu untuk mencetak dan melahirkan ulama-ulama pejuang, sedangkan implementasi kurikulum KMI pada pembelajaran Siroh Nabawiyah dilakukan dengan perkenalan, pembukaan, presentasi atau deduksi, implementasi materi berupa pertanyaan tentang materi pelajaran atau kosa kata, serta penutupan. Kata Kunci: Kurikulum, Implementasi, Pesantren
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aisyah Musallimah 1977011420 |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 06:31 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 05:27 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/377 |
Actions (login required)
View Item |