Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

Nisa', Khoirun (2023) PENGUATAN BUDAYA RELIGIUS DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN RAMAH ANAK (STUDI KASUS SMP AL-HIDAYAH MALANG). S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (938kB)
[img] Text
Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (742kB)
[img] Text
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text
Bab VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
Bab VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (435kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Nisa’, Khoirun. 2023. Penguatan Budaya Religius dalam Mewujudkan Pendidikan Ramah Anak (Studi Kasus SMP Al-Hidayah Malang). Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam Malang. Pembimbing Zen Amrullah S.Pd.I. Kata kunci: budaya religius, pendidikan ramah anak Pada jenjang SMP anak memasuki masa awal remaja. Dimana anak masih belum bisa mengontrol emosinya, hal itu yang menyebabkan sering terjadinya bullying terhadap sesama teman dikarenakan perbedaan pendapat. Sekolah menjadi tempat yang sering terjadi kasus bullying antara siswa satu dengan siswa lainnya, oleh karena itu perlu adanya sekolah yang ramah anak, dimana anak menerima hak dalam belajar serta terlindungi dari kekerasan apapun. Dengan menginternalisasikan budaya religius melalui penerapan pembiasaan-pembiasaan menjadi suatu gagasan pokok yang ideal dalam pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) budaya religius yang diterapkan di SMP Al�Hidayah Malang dalam mewujudkan pendidikan ramah anak, (2) penguatan budaya religius dalam mewujudkan pendidikan ramah anak di SMP Al-Hidayah Malang, (3) faktor pendukung serta penghambat pelaksanaan pendidikan ramah anak di SMP Al-Hidayah Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa, (1) Budaya religius yang diterapkan di SMP Al-Hidayah Malang dalam mewujudkan pendidikan ramah anak melalui pembiasaan dalam kegiatan sehari-hari. (2) Penguatannya melalui dua metode yaitu pembinaan dan reaward and punishment, dimana punishment yang diberikan tidak dengan kekerasan. (3) Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan ramah anak di SMP Al-Hidayah Malang meliputi: adanya dukungan dari kepala sekolah dan juga warga sekolah, adanya pendampingan dan pengawasan terhadap anak ketika melakukan kegiatan maupun aktifitas di lingkungan sekolah, adanya sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan pendidikan ramah anak, tenaga pendidik yang berpengalaman. Sementara untuk faktor penghambatnya meliputi: masih terdapat guru yang terlambat masuk kelas, kurangnya kesadaran siswa atas kewajibannya, masalah pendanaan yang mengakibatkan sarana pembelajaran yang masih kurang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: D Agama > D Agama
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoirun Nisa' 1977011426
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:35
Last Modified: 12 Jul 2024 05:29
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/374

Actions (login required)

View Item View Item