Abror, Achmad Yuzak (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIDAYAH KARANGPLOSO MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
Cover.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (219kB) |
|
Text
Bab I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (258kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (250kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (312kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (205kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (61kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (186kB) |
Abstract
Strategi belajar diartikan sebagai rencana yang akan dilakukan oleh guru dalam mengajarkan bahan ajar kepada peserta didik. Dan dalam proses belajar mengajar seorang guru berperan penting dalam meningkatkan pemahaman peserta didik, kemudian seorang guru harus menggunakan strategi pembelajaran yang efektif dan mengarah pada tujuan yang diharapkan agar tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) langkah-langkah strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Al-Hidayah Karangploso Malang, (2) hambatan-hambatan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Al-Hidayah Karangploso Malang, (3) hasil pemahaman peserta didik dalam menggunakan metode problem based learning pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Al-Hidayah Karangploso Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan peserta didik kelas IX-A dan IX-E Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Karangploso Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) langkah-langkah strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Al-Hidayah Karangploso Malang, antara lain guru melihat rekam jejak peserta didik disemester sebelumnya, menganalisis track record disemester sebelumnya, menyiapkan perangkat pembelajaran dan RPP. (2) hambatan-hambatan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Al-Hidayah Karangploso Malang, adalah peserta didik kurang aktif, kurangnya interaksi peserta didik dengan guru. (3) hasil pemahaman peserta didik dalam menggunakan metode problem based learning pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Al-Hidayah Karangploso Malang, menjadi lebih aktif dan antusias memahami materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | D Agama > D Agama |
Depositing User: | Achmad Yuzak Abror 2018.77.01.1054 |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 03:45 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 04:26 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/345 |
Actions (login required)
View Item |