Amin, Baidul (2019) IMPLEMENTASI METODE YANBU’A PADA BACA TULIS AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM NURUL MUTTAQIN TLOGOWARU KOTA MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
BAB I.pdf Download (251kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (620kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (154kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (302kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (488kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (122kB) | Request a copy |
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
Abstract
Seiring dengan kemajuan zaman dan untuk mencerdaskan bangsa dalam meningkatkan kualitas anak negeri dalam proses belajar Al-Qur'an, SDI Nurul Muttaqin berusaha menjadi sarana pendidikan yang sangat efektif dalam pengajaran Al-Qur'an, karena pendidikan Al-Qur'an ini keberadaannya sangat dibutuhkan. Kemudian SDI Nurul Muttaqin memilih metode Yanbu’a dalam pembelajaran Al-Qur'an yang dimulai dari kelas I sampai kelas VI, agar siswanya menjadi generasi yang memiliki dasar Qur’ani yang kuat. Dalam penenlitian ini, Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif sedangkan jenis penelitannya adalah studi kasus. Subyek penelitian ini meliputi Kepala sekolah, guru, serta siswa, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, interview, dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara menafsirkan data menggunakan analisis diskriftif yaitu melaui display data, penyajian data dan verifikasi atau menarik kesimpulan. Pembelajaran metode Yanbu’a Pada Baca Tulis Al-Qur’an di SDI Nurul Muttaqin Tlogowaru Kota Malang yaitu menerapkan teknik mengajar tutorial secara klasikal, diterapkan ketika guru membaca materi didepan dan ditirukan oleh siswa agar materi dapat dipahami oleh siswa, kemudian salah satu siswa ditunjuk untuk membaca, sedangkan yang lain menyimak yang dinamakan dengan sistem baca simak klasikal. Setelah itu dilakukan sorogan secara individu. Sedangkan kelebihan dalam pelaksanaanya yaitu: 1) Materi pelajaran ditulis dengan menggunakan khat Rosm Ustmani, 2) Materi pelajaran disesuaikan dengan kemampuan siswa, 3) Diajarkan cara menulis Arab Pegon dan angka romawi, 4) Diperkenalkan dengan bacaan ghorib dan fawatichussuwar 5) Diajarkan untuk menghafal surat-surat pendek atau surat pilihan sesuai tingkat pembelajarannya. Dan kekurangan dalam proses Pembelajaran Baca Tulis Alqur’an di SDI Nurul Muttaqin Albarokah yaitu: 1) Adanya kemampuan setiap siswa yang berbeda, 2) Pengajaran guru yang kurang menarik, 3) Banyak siswa yang mengantuk dan 4) Kurangnya konsentrasi siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) |
Depositing User: | Perpus STAIMA AL-HIKAM |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 06:43 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 03:51 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/32 |
Actions (login required)
View Item |