Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

FIRDAUS, SABILA (2024) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SUMBERSARI I BEJI KABUPATEN PASURUAN. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text
ARTIKEL SABIL fix.pdf

Download (870kB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Dalam dunia pendidikan metode pembelajaran sangat berperan penting dalam proses pembelajaran. Salah satu yang dapat mengaktifkan peserta didik dalam proses belajar mengajar adalah dengan menggunakan metode demonstrasi. Dengan menggunakan metode demonstrasi pendidik dapat menyampaikan materi dengan jelas dan memperlihatkan cara melakukan sesuatu atau proses terjadinya sesuatu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari I Beji Kabupaten Pasuruan dengan fokus penelitian: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI pada siswa kelas IV di SDN Sumbersari I Beji Kabupaten Pasuruan?; 2) Bagaimana penerapan metode pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran PAI pada siswa kelas IV di SDN Sumbersari I Beji Kabupaten Pasuruan?; 3) Bagaimana hasil penerapan pembelajaran mata pelajaran PAI setelah menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas IV SDN Sumbersari I Beji Kabupten Pasuruan?. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Penelitian ini berlokasi di SDN Sumbersari I Beji Kabupaten Pasuruan. Dari seluruh kelas IV yang menjadi anggota populasi penelitian 52 siswa, terpilih 28 siswa yang menjadi sample penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi yang digunakan untuk menegtahui bagaimana penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran PAI pada siswa kelas IV SDN Sumbersari I Beji Kabupaten Pasuruan adalah pendidik menyiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP, kemudian pendidik juga menyiapkan rencana pembelajaran. 2) Penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran PAI kelas IV SDN Sumbersari I Beji Kabaupaten Pasuruan terbagi menjadi tiga tahapan yakni pre-demonstrasi, on-demonstrasi, dan past-demontrasi; 3) Hasil penerapan metode demonstrasi mata pelajaran PAI pada kelas IV SDN Sumbersari I Beji, dengan menggunakan metode demonstrasi berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: A General > Indexes (General)
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sabila Firdaus 2018.77.01.1092
Date Deposited: 27 Feb 2024 04:59
Last Modified: 12 Jul 2024 04:20
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/311

Actions (login required)

View Item View Item