ANWAR, SYAIFUL (2019) PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MAPEL SKI DI MTS JABAL NUR, DUSUN BARAN TLOGOWARU, KEDUNG KANDANG, KOTA MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (569kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (479kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (583kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (839kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (448kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (9kB) | Request a copy |
|
Text
COVER.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (976kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (127kB) | Request a copy |
Abstract
Pengaruh adalah suatu daya yang ada atau yang timbul dari sesuatu yang berkuasa/memberi kekuatan. Kondisi sosial ekonomi adalah keadaan/latar belakang dari suatu keluarga yang berkaitan dengan pendidikan, pekerjaan dan pendapatan keluarga. Prestasi Belajar Siswa merupakan hasil yang telah dicapai oleh peserta didik MTs Jabal Nur, Dusun Baran dari yang telah dilakukan atau yang dikerjakan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran tentang keadaan sosial ekonomi orang tua siswa MTs Jabal Nur Dusun Baran, Tlogowaru, Kedung Kandang, Kota Malang, bagaimanakah pengaruhnya kondisi sosial ekonomi keluarga siswa yang berbeda terhadap prestasi belajar SKI dan seberapa besar pengaruh kondisi sosial ekonomi siswa terhadap prestasi belajar SKI. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimanakah kondisi sosial ekonomi keluarga siswa kelas VII, VIII, IX MTs Jabal Nur Dusun Baran, Tlogowaru dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar Mapel SKI dan untuk mengetahui besarnya pengaruh latar belakang sosial ekonomi keluarga siswa yang berbeda terhadap prestasi belajar SKI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa kelas VII,VIII, IX MTs Jabal Nur Dusun Baran, Tlogowaru tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari dari 6 kelas dengan jumlah 89 orang tua siswa. Besarnya sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan Proportional Random Sampling, yaitu diambil 50% untuk masing-masing kelas. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kondisi sosial ekonomi orang tua siswa di MTs Jabal Nur, yang memiliki tingkat presentasi sangat tinggi yaitu 3%, tingkat tinggi 22 % ,tingkat sedang 75 %, tingkat rendah 0 % dan tingkat sangat rendah 0 % dari keseluruhan sampel. Berdasarkan dari tabel di atas dapat disimpulkan bahwa Kondisi sosial ekonomi orang tua di MTs Jabal Nur, Kedung Kandang, Kota Malang berada di kategori sedang. Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua siswa MTs Jabal Nur Dusun Baran, Tlogowaru tahun ajaran 2018/2019 tehadap prestasi belajar SKI sebesar 2.645 dengan nilai signifikasinya 0,023. Hal ini sesuai dengan kriteria pengujian menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yakni 2.645 > 2.032 dengan tingkat signifikansinya 0.023 < 0.05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak atau Ha diterima.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpus STAIMA AL-HIKAM |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 06:42 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 03:48 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/31 |
Actions (login required)
View Item |