RIRIN, NOVITASARI (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTS MAMBAUL ULUM BANJAREJO PAGELARAN-MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
Cover.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
Bab I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (668kB) |
|
Text
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (535kB) | Request a copy |
|
Text
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (465kB) | Request a copy |
|
Text
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (386kB) | Request a copy |
|
Text
Bab V.docx - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (38kB) | Request a copy |
|
Text
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (208kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (419kB) | Request a copy |
|
Text
Artikel Ririn.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (761kB) |
Abstract
Pelaksanaan setiap pembelajaran itu melibatkan antara dua pihak yaitu guru dan siswa. Hal yang terpenting dalam kegiatan pembelajaran adalah terjadinya suatu proses sehingga pemahaman materi secara konseptual dan prosedural bisa dicapai dan mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Sehingga guru sebagai pengajar memiliki tugas memberikan fasilitas atau kemudahan bagi suatu kegiatan belajar dikelas. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Mambaul Ulum, beserta persiapan sebelum mengajar dan permasalahan apa saja yang dihadapi guru ketika proses pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. dimana peneliti menggambarkan kondisi nyata di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs mambaul Ulum sudah berjalan dengan baik, persiapan guru fiqih dalam mengajar diawali dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), mempersiapkan media pembelajaran, mempersiapkan dan mempelajari materi sebelum mengajar, menentukan pendekatan, model, metode, dan strategi dalam mengajar, guru harus memahami karakter siswa danjuga kondisi di setiap kelas yang berbeda-beda. Interaksi guru didalam kelas lumayan baik, jadi guru fiqih harus terus berusaha untuk menempatkan diri sebagai guru, orang tua, dan sahabat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | B Karya Umum > BD penelitian |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | RIRIN NOVITASARI 2018.77.01.1090 |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 05:54 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 04:57 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/304 |
Actions (login required)
View Item |