Abdulloh, Azzam (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA SD LAZUARDI TURSINA BANYUWANGI. S2 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
Cover. pdf_.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
Bab I. pdf.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (687kB) |
|
Text
Bab II. pdf.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Bab III. pdf.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (675kB) | Request a copy |
|
Text
Bab IV. pdf.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (662kB) | Request a copy |
|
Text
Bab V. pdf.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (728kB) | Request a copy |
|
Text
Bab VI. pdf.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (327kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka. pdf.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Artikel. pdf.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (911kB) |
Abstract
Azzam Abdulloh. 2023, Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Siswa SD Lazuardi Tursina Banyuwangi, Tesis Magister Pendidikan Agama Islam “Ma’had Aly Al-Hikam” Malang. Dr. Rosidin, M.Pd, Dr. Abdul Azis Tata Pangarsa, M.Pd Kata Kunci: Upaya, Guru Pendidikan Agama Islam, Akhlakul Karimah Akhlak memegang peranan penting dalam kehidupan, baik dalam kehidupan individu maupun sebagai anggota masyarakat. Namun karena perkembangan ilmu dan teknologi dalam kehidupan manusia, terjadi penurunan akhlak yang kurang baik seperti tidak adanya sikap sopan dan santun dalam perilaku sehari-hari baik di rumah, di sekolah, maupun di masyarakat. Guru pendidikan agama Islam berperan penting dalam pendidikan dan bertanggung jawab dalam mendidik, membimbing, mengarahkan dan menanamkan akhlakul karimah pada peserta didik di sekolah. Oleh karena itu, sangat diperlukan segala upaya yang harus dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan akhlakul karimah dalam diri siswa, agar siswa memiliki akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: Untuk mendiskripsikan upaya guru pendidikan agama islam dalam menanamkan akhlakul karimah pada Siswa di SD Lazuardi Tursina Banyuwangi. Untuk mendiskripsikan Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan penghambat dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa di SD Lazuardi Tursina Banyuwangi. Untuk mendiskripsikan implikasi upaya guru pendidikan agama islam dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa di SD Lazuardi Tursina Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun narasumber terkait penelitian ini yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam dan siswa. Kemudian, data yang terkumpul diseleksi dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kesimpulan sebagai berikut: pertama, upaya guru PAI dalam menanamkan akhlakul karimah siswa dengan cara (a) Memberikan penguatan materi sebagai landasan pembinaan akhlak. Adapun materinya, seperti Aqidah/Tauhid dan Fiqih Ibadah. b. Melaksanakan program pembiasaan keagamaan sebagai penguat dan pembiasaan dalam membentuk akhlakul karimah siswa. c. memberikan keteladanan yang baik siswa. d. memberikan nasehat untuk selalu berperilaku sopan santun dan bertutur kata yang baik. e. menarapkan disiplin positif sebagai pembinaan siswa menjadi lebih baik. Kedua, faktor pendukung dalam pembentukan akhlakul karimah siswa adalah dukungan baik dari tenaga pendidik dan seluruh warga sekolah dalam proses menanamkan akhlakul karimah, serta sarana dan prasarana yang mendukung yang dimiliki oleh SD Lazuardi Tursina Banyuwangi dan dukungan keluarga. Sementara faktor penghambatnya adalah kurangnya pendampingan dari lingkungan keluarga, dan dukungan lingkungan masyarakat (pergaulan). Ketiga, implikasi upaya guru PAI dalam menanamkan akhlakul karimah secara keseluruhan menunjukkan adanya perubahan pada perilaku siswa seperti sikap syukur, tanggung jawab, tertib mengikuti peraturan sekolah, memiliki sikap sopan santun, kesadaran akan peduli lingkungan, taat peraturan sekolah dan meningkatnya kemampuan beribadah.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Abdulloh Azzam 212120074 |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 07:26 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 05:15 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/220 |
Actions (login required)
View Item |