Utami, Suwawi (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN AKHLAK AL KARIMAH DI MASA PANDEMI (Studi multisitus di MTs Wahid Hasyim 02 Kecamatan Dau Kabupaten Malang dan MTs Hidayatul Mubtadi'in Tasikmadu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang Jawa Timur). S2 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
Cover- tesis pdf 1.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
Bab 2 - Tesis ok.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (18MB) |
|
Text
Bab 3 - tesis.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
Bab 6 - Tesis.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (882kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (205kB) | Request a copy |
|
Text
Artikel Suwawi Utami.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
Bab 1 - tesis.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (18MB) |
|
Text
Bab 4 - tesis.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (14MB) | Request a copy |
|
Text
Bab 5 - Tesis.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Suwawi Utami. 2022. Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Akhlak Al Karimah Di Masa Pandemi (Studi Multisitus di MTs Wahid Hasyim 02 Dau Kabupaten Malang Dan MTs Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang Jawa Timur.Tesis, Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam “Ma’had Aly Al-Hikam” Malang.Pembimbing: Dr. Nury Firdausia, M. Pd. I, Dr. Wahyudi Widodo, M. Pd. I. Kata Kunci: Startegi Pembelajaran, Akhlak Al Karimah, Di Masa Pandemi. Pada masa pandemi kegiatan belajar mengajar beralih dengan pembelajaran online. Sebagaian besar sekolah belum siap menghadapi pembelajaran online, terutama madrasah yang notabene terbiasa melakukan kegiatan ibadah berjamaah dalam pelajaran agama.Untuk menjaga adanya penularan wabah Covid-19, pemerintah melarang masyarakat untuk berkerumun sehingga semua kegiatan dibatasi termasuk Pendidikan. Kegiatan belajar mengajar hanya bisa dilaksanakan dengan pembelajaran jarak jauh atau daring. Beberapa antisipasi dilakukan agar peserta didik tidak mengalami loss learning, Lembaga yang terkait berupaya agar pembelajaran tetap berjalan dengan kondusif. Seiring berjalannya waktu, wabah Covid-19 mulai mereda namun protokol kesehatan harus tetap dijalankan, maka dari itu pembelajaran tatap muka terbatas mulai dilaksanakan. Berdasarkan fenomena-fenomena yang ditemui, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut:1) Bagaimana strategi pembelajaran dalam meningkatkan akhlak al karimah di masa pandemi, 2) Apakah faktor pendukung dan penghambat yang ditemukan dalam pembelajaran, 3) Apakah upaya yang harus dilakukan untuk menanggulangi kendala strategi peningkatan akhak al karimah di masa pandemi. Berkaitan dengan rumusan masalah yang telah dipaparkan, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran, faktor pendukung dan penghambat yang ditemukan dalam pembelajaran, serta upaya yang harus dilakukan untuk menanggulangi kendala strategi peningkatan akhak al karimah di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multisitus. Rancangan yang bertahap, khusus observasi dilaksanakan dengan simultan. Pada tahap selanjutnya dilaksanakan analisis komparasi dengan mengembangkan konsep untuk memperoleh data tentang strategi pembelajaran dalam meningkatkan ahklak al karimah di masa pandemi. Strategi pembelajaran dalam meningkatkan akhlak al karimah di kedua madrasah dengan istiqomah melakukan sholat dhuha dan kegiatan ektrakurikuler. Faktor pendukungnya adalah daerah yang kental dengan kearifan lokal dan lingkungan pesantren. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran dari peserta didik untuk melatih kedisiplinan. Sebagai upaya, pendidik harus menjadi suritauladan bagi peserta didik dan harus dilakukan peningkatan supervisi bagi pendidik.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | D Agama > D Agama |
Depositing User: | Suwawi Utami 202120046 |
Date Deposited: | 23 Dec 2023 06:49 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 05:05 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/206 |
Actions (login required)
View Item |