Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

Kamala, Alfi (2022) PENERAPAN METODE DISKUSI PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DALAM MENGOPTIMALKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS NURUL ANWAR SUMENEP. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (316kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (378kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text
Alfi Kamala 2018.77.01.1070 - Artikel Jurnal.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (308kB)

Abstract

Kamala, Alfi. 2022. Penerapan Metode Diskusi pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadis dalam Mengoptimalkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII MTs Nurul Anwar Andulang Sumenep. Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam Malang. Pembimbing: Misbahul Munir, M.Pd.I Kata Kunci : penerapan metode diskusi, Al-Qur’an Hadis, keaktifan belajar siswa Penelitian ini membahas tentang penerapan metode diskusi pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Nurul Anwar Sumenep, yang kemudian peneliti melihat implikasinya terhadap keaktifan belajar siswa. Metode diskusi menjadi metode yang belum terbiasa dilakukan karena mayoritas guru masih menggunakan metode ceramah, sehingga metode diskusi menjadi topik penelitian yang menarik di sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan metode diskusi serta implikasinya terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis di Kelas VIII MTs Nurul Anwar Andulang Sumenep. Metode penelitian ini yaitu kualitatif diskriptif, dengan sumber data dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan kepada guru dan siswa, serta dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalis secara sistematis deskriptif. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode diskusi diaplikasikan dalam beberapa tahapan, yaitu: perencanaan diskusi, pelaksanaan diskusi, dan tindak lanjut diskusi. Pertama, perencanaan diskusi pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis dilakukan guru dalam tiga hal, yaitu penjelasan mengenai tujuan diskusi, pembahasan atau topik yang akan didiskusikan, dan waktu pelaksanaan diskusi. Kedua, pelaksanaan metode diskusi pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis dilakukan guru dengan berbagai cara, diantaranya adalah tanya-jawab antara guru dengan siswa, penugasan kelas yang kemudian didiskusikan, dan presentasi siswa di depan kelas. Selanjutnya, ketiga, tindak lanjut diskusi dilakukan untuk memberikan feedback kepada siswa atas diskusi yang dilakukan. Guru meminta sebagian siswa untuk penarikan kesimpulan, yang kemudian guru menyimpulkan secara komprehensif pada akhir diskusi. Pada akhirnya, guru memberikan penilaian kepada siswa atas keaktifan siswa dan substansi jawaban selama diskusi. (2) penerapan metode diskusi berimplikasi pada keaktifan dan kemandirian belajar siswa. Siswa merasa perlu belajar mandiri untuk dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru di kelas. Guru memberikan sanksi kepada siswa yang tidak memberikan jawaban sama sekali.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: A General > Indexes (General)
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpus STAIMA AL-HIKAM
Date Deposited: 06 Sep 2023 06:23
Last Modified: 12 Jul 2024 04:40
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/20

Actions (login required)

View Item View Item