Soleh, Achmad (2022) PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KETINDAN LAWANG KABUPATEN MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
BAB I.pdf Download (360kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (570kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (406kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.........pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (343kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (300kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (223kB) | Request a copy |
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan karakter bukanlah pendidikan yang berbasis hafalan dan pengetahuan verbalistis. Pendidikan karakter merupakan pendidikan perilaku yang terbentuk dari keteladanan pendidik, orang tua, dan pembiasaan yang baik dari lingkungan sekitarnya. Skripsi ini membahas tentang penanaman karakter religius siswa . Kajian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya moral dan akhlaq siswa . Dengan harapan siswa yang terbiasa mengikuti program sekolah bisa menerapkan akhlaq yang baik dalam lingkungannya. Dengan demikian diharapkan peserta didik akan memiliki karakter religius yang baik dalam kehidupannya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif dan kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati. Penelitian kulaitatif atau penelitian naturalistik adalah penelitian yang bersifat bahwa datanya dinyatakan dalam keadaan sewajarnya atau sebagaimana adanya (natural setting) dengan tidak dirubah dalam bentuk simbol-simbol atau bilangan sesuai dengan pendekatan kualitatif, maka hasil penelitian akan disajikan dalam bentuk deskriptif dan tidak menguji sebuah hipotesa juga tidak mengkorelasi variabel Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tiga metode yakni, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran tentang implementasi karakter religius disekolah ini yaitu (1) Disiplin waktu, (2) Pembiasaan senyum, salam, salim, sapa, (3) Membaca doa bersama sebelum memulai pelajaran, (4) membiasakan sholat dhuha, (4) Ditanamkan lebih mencintai al-Qur’an, (5) sholat dhuhur berjamaah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ACHMAD SOLEH 2018.77.01.1238 |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 08:59 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 03:44 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/196 |
Actions (login required)
View Item |