Kholili, Kholili (2025) AKSELERASI PEMBELAJARAN KITAB KUNING DENGAN METODE AMTSILATI DI PONDOK PESANTREN BUSTANUL ULUM BATUBINTANG KABUPATEN PAMEKASAN MADURA. S2 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
|
Text
cover tesis UST KHOLILI.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
|
Text
BAB I UST. KHOLILI.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (494kB) |
|
|
Text
BAB I UST. KHOLILI.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (494kB) |
|
|
Text
BAB II UST. KJOLILI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (610kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB III UST KHOLILI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (180kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB IV UST. KHOLILI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (436kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB V UST KHOLILI.docx - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (55kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB V UST. KHOLILI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (263kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB VI UST. KHOLILI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (117kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB VI UST. KHOLILI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (117kB) | Request a copy |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA UST. KHOLILI.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (219kB) |
Abstract
Kholili, 2025. Akselerasi Pembelajaran Kitab Kuning Dengan Metode Amtsilati Di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Batubintang Kabupaten Pamekasan Madura. Tesis, Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam Malang. Pembimbing I, Prof. Dr. Kasuwi Saiban, M.Ag. Pembimbing II, Dr. Wahyudi Widodo, M.Pd.I. Kata Kunci: Metode Amtsilati, Akselerasi Pembelajaran, Kitab Kuning Pendidikan di Pondok Pesantren tidak dapat dipisahkan dari kajian kajian kitab kuning. Untuk dapat membaca kitab kuning dengan baik dibutuhkan bisa menentukan syakl (fathah, kasroh, dlommah dan sukun). Untuk mengetahui kedudukan pada sebuah kalimat diperlukan mempelajari ilmu Nahwu. Sedangkan untuk mengetahui bentuk kata perlu mempelajari ilmu Sharraf. Ilmu Nahwu dan Ilmu sharraf merupakan kunci awal untuk menguasai kitab kuning bahkan ada yang mengatakan bahwa nahwu adalah ibunya sedangkan sharraf adalah bapaknya. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, perlu kiranya adanya bentuk formulasi baru berupa metode atau sistem pengajaran yang mampu mempercepat masa belajar ilmu nahwu dan ilmu sharraf. Oleh karena itu, Pondok Pesantren Bustanul Ulum Batubintang Pamekasan menggunakan Metode Amtsilati dalam Akselerasi Pembelajaran Kitab Kuning agar supaya para santri mudah dan cepat dalam memahami kitab kuning. Tujuan dari penelitian ini mencakup 2 rumusan masalah : 1) Untuk mendiskripsikan dan menganalisis Akselerasi Pembelajaran Kitab Kuning Dengan Metode Amtsilati. 2) Mendiskripsikan dan menganalisis Implikasi Akselarasi Pembelajaran Kitab Kuning Dengan Metode Amtsilati di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Batubintang Pamekasan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miler dan Huberman, analisis data mencakup tiga kegiatan: Reduksi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Cek keabsahan data dengan memperpanjang pengamatan, member check, dan tes membaca kitab kuning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Akselerasi pembelajaran kitab kuning dengan metode Amtsilati dilaksanakan melalui tiga tahapan: a) Perencanaan yang meliputi tujuan pembelajaran, karakteristik siswa, desain kelas, materi dan target pembelajaran, waktu, dan fasilitas; b) Pelaksanaan, meliputi langkah-langkah pembelajaran dan pengelolaan kelas; c) Evaluasi;Tehnik evaluasi menggunakan tes lisan dan tes tulis dalam setiap tes kenaikan jilid dan tes akhir (Khatam) serta tes praktik mengajar; 2)Implikasi dari akselerasi pembelajaran kitab kuning dengan metode Amtsilati mencakup lima hal: a) Peningkatan Kemampuan Kemampuan Membaca Kitab Kuning; b) Peningkatan Kemampuan Memahami Nahwu Dan Sharraf; c) Menunjang Kemudahan Masuk Di Pesantren Yang Kualifikasinya Lebih Tinggi; d) Mengetahui kelebihan dan kekurangan metode Amtsilati; d) Kebijakan terhadap penggunaan metode Amtsilati.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Subjects: | A General > Indexes (General) D Agama > D Agama |
| Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S2 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | KHOLILI KHOLILI 2312120193 |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 03:31 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 03:31 |
| URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1813 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric