Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

Mardliyah, Nadhifatul (2023) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DALAM FIKIH BAB HAJI DAN UMRAH DI MTS BABUSSALAM PAGELARAN MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (362kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
ARTIKEL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (681kB)

Abstract

Salah satu hal yang melatarbelakangi adanya masalah dalam proses pembelajaran di antaranya ialah kebanyakan guru masih menggunakan pendekatan teacher centered yang berakibat siswa menjadi pasif. Peneliti memilih Numbered Heads Together yang merupakan salah satu jenis tipe pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa sehingga diharapkan nantinya ada peningkatan pemahaman siswa. Adapun tujuan dari diadakan penelitian ini ialah: (1) mengetahui adanya pengaruh tipe Numbered Heads Together terhadap pemahaman siswa pada Bab Haji dan Umrah, (2) untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan sebelum dan sesudah pengaplikasian metode NHT terhadap pemahaman pada bab Haji dan Umrah para siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Peneliti menggunakan one group pre test-post test design. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan rumus person product moment dan Cronbach Alpha untuk uji realibilitasnya. Sedangkan untuk uji hipotesis, penelitian ini menggunakan paired sample t-test. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) adanya pengaruh antara sebelum dan sesudah diterapkannya metode NHT dengan hasil thitung dari penelitian 4,09 dengan signifikansi (2-tailed) 0,000 (< 0,05), (2) terdapat peningkatan pemahaman siswa pada bab Haji dan Umrah dengan nilai rata-rata 78,54 sebelum perlakuan menjadi 86,04 setelah perlakuan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: A General > Indexes (General)
B Karya Umum > BD penelitian
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadhifatul Mardliyah 2018.77.01.1087
Date Deposited: 09 Dec 2023 01:09
Last Modified: 12 Jul 2024 05:25
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item View Item