Mardliyah, Nadhifatul (2023) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DALAM FIKIH BAB HAJI DAN UMRAH DI MTS BABUSSALAM PAGELARAN MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
COVER.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (362kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (655kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (557kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (661kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (212kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (104kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (241kB) | Request a copy |
|
Text
ARTIKEL.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (681kB) |
Abstract
Salah satu hal yang melatarbelakangi adanya masalah dalam proses pembelajaran di antaranya ialah kebanyakan guru masih menggunakan pendekatan teacher centered yang berakibat siswa menjadi pasif. Peneliti memilih Numbered Heads Together yang merupakan salah satu jenis tipe pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa sehingga diharapkan nantinya ada peningkatan pemahaman siswa. Adapun tujuan dari diadakan penelitian ini ialah: (1) mengetahui adanya pengaruh tipe Numbered Heads Together terhadap pemahaman siswa pada Bab Haji dan Umrah, (2) untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan sebelum dan sesudah pengaplikasian metode NHT terhadap pemahaman pada bab Haji dan Umrah para siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Peneliti menggunakan one group pre test-post test design. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan rumus person product moment dan Cronbach Alpha untuk uji realibilitasnya. Sedangkan untuk uji hipotesis, penelitian ini menggunakan paired sample t-test. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) adanya pengaruh antara sebelum dan sesudah diterapkannya metode NHT dengan hasil thitung dari penelitian 4,09 dengan signifikansi (2-tailed) 0,000 (< 0,05), (2) terdapat peningkatan pemahaman siswa pada bab Haji dan Umrah dengan nilai rata-rata 78,54 sebelum perlakuan menjadi 86,04 setelah perlakuan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) B Karya Umum > BD penelitian |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nadhifatul Mardliyah 2018.77.01.1087 |
Date Deposited: | 09 Dec 2023 01:09 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 05:25 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/171 |
Actions (login required)
View Item |