Arofi, Moh. Fahmi (2024) Relevansi Konsep Pendidikan Islam Wali Songo dengan Profil Pelajar Pancasila (Studi Pustaka Buku Atlas Wali Songo Karya Agus Sunyoto). S2 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
![]() |
Text
Cover.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (950kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (273kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (296kB) |
Abstract
Buku Atlas Wali Songo karya Agus Sunyoto menjabarkan beberapa konsep Pendidikan Islam khas Wali Songo yang terbukti dan teruji keberhasilannya dalam mendidik bangsa di Nusantara. Keberhasilan konsep Pendidikan Islam tersebut pantas untuk dilestarikan relevansinya dalam konteks kebijakan pendidikan masa kini, salah satunya adalah Profil Pelajar Pancasila. Urgensi tersebut semakin nyata mengingat ketimpangan kualitas pendidikan di Indonesia yang semakin tinggi. Karakter bangsa yang terbentuk dalam Profil Pelajar Pancasila harus diiringi konsep Pendidikan Islam Wali Songo, yakni: 1). Membentuk pelajar yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, 2) Berkebinekaan global, 3) Bergotong-royong, 4) Mandiri, 5) Bernalar kritis, dan 6) Kreatif. Tujuan dari penelitian ini mencakup dua rumusan masalah, yakni 1) Untuk mengetahui konsep pendidikan Islam Wali Songo dalam buku Atlas Wali Songo karya Agus Sunyoto. Sedangkan tujuan kedua adalah 2) Untuk menganalisa relevansi konsep pendidikan Islam Wali Songo dalam buku Atlas Wali Songo karya Agus Sunyoto dengan Profil Pelajar Pancasila yang ada dalam Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka (library research) yang bersifat deskriptif. Pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi dan observasi dari Buku Atlas Wali Songo karya Agus Sunyoto dan beberapa literatur penunjang. Analisis data menggunakan model deskriptif yang dianalisa peneliti dengan menerapkan teknik kajian isi (content analysis) yang meliputi editing, coding dan meaning. Sedangkan cek keabsahan menggunakan konsep triangulasi yang diperkuat dengan uji kredibiltas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Konsep pendidikan Islam Wali Songo menggunakan motivasi filosofis yang membumi, menyenangkan dan relevan sebagai pedoman kehidupan. Wali Songo berusaha membangun kepercayaan, kedisiplinan serta kesetaraan. Langkah pendidikan Wali Songo adalah tadrij serta adaamul haraj. Berdasarkan tahapnya, pendidikan dilaksanakan dari Fiqhul Ahkam, Fiqhul Dakwah hingga Fiqhul Hikmah. 2) Relevansi konsep pendidikan Islam Wali Songo dengan Profil Pelajar Pancasila dapat dilihat dari pendidikan yang mengacu pada aspek habl min Allah dan habl min al-nas, karakteristik pendidikan Islam yang ramah, moderat, toleran, akomodatif, inklusif dan transformatif, moral pendidikan yang melatih keikhlasan, kepedulian, solidaritas, kuatnya daya juang dan kemauan hingga membentuk daya tafakkur dan tadabbur dan daya kreasi dan inovasi.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | G Sosial > GA Pembelajaran G Sosial > GB Pendidikan D Agama > D Agama S Sejarah > S Sejarah |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moh. Fahmi Arofi 2212120153 |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 04:00 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 04:00 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1532 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |