Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

Maulidati, Muktafiyah (2025) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN METODE MUROJA’AH TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL SANTRIWATI (DI PONDOK PESANTREN PUTRI AZ ZAHRA LAWANG MALANG). S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (620kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (367kB)

Abstract

ABSTRAK Maulidati, Muktafiyah. 2025. Pengaruh Gaya Belajar dan Metode Muroja’ah Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Santriwati Pondok Pesantren Putri Az Zahra Lawang Malang. Skripsi. Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al Hikam Malang. Pembimbing : Jodang Setia Adi Anista R. S.Pd., M. E. Kata Kunci: Gaya belajar, metode muroja'ah, dan kemampuan menghafal Al-Qur'an. Pembelajaran tahfidz yang dijalankan di bersama pondok oleh seorang ustadzah selaku pengajar agar mengajarkan prosedur menghafal Al-Qur’an kepada santriwati, bersama tujuan memaksimalkan kapabilitas menghafal Al-Qur’an serta kecerdasan santriwati. agar mendapati mekanisme pembelajaran tahfidz di pondok maka ada beragam variabel bersama mengidentifikasi perolehan dari gaya belajar serta metode muroja’ah apakah selaras bersama kemampuan menghafal Al-Qur’an, bersama terkait mampu dimengerti ialah kemampuan menghafal Al-Qur’an santriwati mampu diukur melalui mekanisme pembelajaran tahfidz selama di pondok, bersama beragam indikator yang meneguhkan. Fokus studi ini yakni : 1. Bagaimana pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an santriwati di Pondok Pesantren Putri Az Zahra Lawang Malang. 2. Bagaimana pengaruh metode muroja’ah terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an santriwati di Pondok Pesantren Putri Az Zahra Lawang Malang. 3. Bagaimana pengaruh gaya belajar dan metode muroja’ah terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an santriwati di Pondok Pesantren Putri Az Zahra Lawang Malang. Metode studi ini yakni memakai metode kuantitatif, data yang diperoleh dari Kuesioner, dan Dokumentasi, bersama memakai analisis data uji regresi linier berganda, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji t dan uji f, uji koefisien diteminasi, dan uji homogenitas. Perolehan dari studi ini menganalisis pengaruh gaya belajar serta metode muroja'ah terhadap kemampuan menghafal Al-Qur'an memakai analisis regresi linear berganda. Perolehan memperlihatkan ialah metode muroja'ah menyampaikan pengaruh yang relevan terhadap peningkatan hafalan (p < 0.05), bersama kontribusi setotal 14.1%. Sementara itu, gaya belajar bukan memperlihatkan pengaruh yang relevan secara parsial (p > 0.05) namun menyandang dampak secara simultan. Analisis kian lanjut mengungkap ialah data terdistribusi normal bersama bukan adanya multikolinearitas, serta memperlihatkan homogenitas pada gaya belajar namun heterogen pada metode muroja'ah. Temuan ini menegaskan pentingnya implementasi metode muroja'ah yang terstruktur bersama program tahfizh Al-Qur'an.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: D Agama > D Agama
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muktafiyah Maulidati 2177011891
Date Deposited: 09 Aug 2025 02:06
Last Modified: 09 Aug 2025 02:06
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1517

Actions (login required)

View Item View Item