Ariyanto, Muhammad (2024) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KARAKTER AKHLAK MULIA SISWA SMPI KHOIRU UMMAH MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
![]() |
Text
Cover.pdf .pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (340kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (833kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (367kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (496kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB VI (1).pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (212kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka (1).pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (441kB) |
Abstract
ABSTRAK Ariyanto, Muhammad . 2024. Pengaruh Pendidikan Pai Terhadap Karakter Akhlak Muliah Siswa SMPI Khoiru Ummah Malang. Skripsi. Program Sarjana Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam Malang. Pembimbing: Jodang Setia Adi Anista R, S.Pd., M.E. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Akhlak ,Mulia, Pembelajaran, Karakter Siswa Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter akhlak mulia siswa. Melalui pengajaran nilai-nilai agama, siswa diajarkan untuk memahami dan menginternalisasi prinsip-prinsip moral yang dapat membimbing perilaku mereka dalam kehidupan sehari-hari. PAI tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga pada pengembangan sikap dan perilaku yang mencerminkan akhlak mulia. Fokus penelitian ini adalah (1) Apakah ada Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter siswa SMPI Khoiru Ummah Malang. (2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terhadap pembentukan karakter siswa di SMPI Khoiru Ummah Malang. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif, data yang diperoleh dari angket dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis data uji korelasi produc moment, uji regresi linier sederhana, dan untuk uji Hipotesis dengan menggunkan uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPI Khoiru Ummah Malang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan karakter akhlak mulia siswa. Hal ini didasarkan pada hasil uji korelasi yang menunjukkan nilai 0,1689, yang lebih besar dari 0,1522, mengindikasikan adanya hubungan positif yang signifikan antara kedua variabel.Dalam uji regresi linier sederhana, diperoleh nilai 6,6588, yang lebih besar dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari PAI terhadap pembentukan karakter siswa. Uji normalitas menunjukkan hasil 0,87 yang lebih besar dari 0,05, menandakan bahwa nilai residual berdistribusi normal.Selanjutnya. Uji F menunjukkan fhitung sebesar 165 yang lebih besar dari ftabel 2.51 sehingga dapat disimpulkan bahwa PAI memiliki pengaruh secara simultan terhadap pembentukan karakter siswa di sekolah.Untuk uji t, diperoleh nilai thitung sebesar 7.994 yang dibandingkan dengan ttabel sebesar 1,661 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara variabel PAI (X) dan karakter siswa (Y). Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan karakter akhlak mulia siswa di SMPI Khoiru Ummah Malang. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan diterima, yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan agama dan pembentukan karakter siswa. ABSTRACT Ariyanto, Muhammad. 2024. The Influence of Islamic Religious Education (PAI) on the Noble Character of Students at SMPI Khoiru Ummah Malang. Thesis. Bachelor Program of Islamic Religious Education, Ma’had Aly Al-Hikam Malang Islamic Institute. Supervisor: Jodang Setia Adi Anista R, S.Pd., M.E. Keywords: Islamic Religious Education, Noble Character, Learning, Student Character Islamic Religious Education (PAI) plays a crucial role in shaping the noble character of students. Through the teaching of religious values, students are instructed to understand and internalize moral principles that can guide their behavior in everyday life. PAI not only focuses on cognitive aspects but also on the development of attitudes and behaviors that reflect noble character. The focus of this research is (1) Is there an influence of Islamic Religious Education on the character formation of students at SMPI Khoiru Ummah Malang? (2) What factors influence the character formation of students at SMPI Khoiru Ummah Malang? This research employs a quantitative research method, with data obtained from questionnaires and documentation, using data analysis techniques such as product-moment correlation test, simple linear regression test, and hypothesis testing using t-test and F-test. The results of the study indicate that Islamic Religious Education (PAI) at SMPI Khoiru Ummah Malang has a significant influence on the formation of students' noble character. This is based on the correlation test results showing a value of 0.1689, which is greater than 0.1522, indicating a significant positive relationship between the two variables.In the simple linear regression test, a value of 6.6588 was obtained, which is greater than 0.05, leading to the conclusion that there is a significant influence of PAI on the character formation of students. The normality test showed a result of 0.87, which is greater than 0.05, indicating that the residual values are normally distributed. Furthermore, the F-test showed an fhitung value of 165, which is greater than the ftabel value of 2.51, thus concluding that PAI has a simultaneous influence on the character formation of students at the school. For the t-test, a thitung value of 7.994 was obtained, compared to a ttabel value of 1.661, indicating a partial influence between the PAI variable (X) and student character (Y). Overall, the results of this study demonstrate that Islamic Religious Education has a significant influence on the formation of the noble character of students at SMPI Khoiru Ummah Malang. Therefore, the proposed hypothesis is accepted, meaning there is a significant influence between religious education and the character formation of students.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) B Karya Umum > BD penelitian G Sosial > GA Pembelajaran G Sosial > GB Pendidikan |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Ariyanto 2177011765 |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 05:53 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 05:53 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1505 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |