Wahyuni, Putri (2025) EFEKTIVITAS DIFERENSIASI GAYA BELAJAR PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DI SDN 1 ASRIKATON KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MALANG. S2 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (223kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (429kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (607kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (532kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Cover.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (354kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (288kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (181kB) | Request a copy |
Abstract
Wahyuni, Putri. 2025 Efektivitas Diferensiasi Gaya Belajar Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Peningkatan Pemahaman Kognitif Peserta Didik di SDN 1 Asrikaton Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Tesis, Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam Malang. Pembimbing I, Dr. Umi Salamah, M.Pd.I. Pembimbing II, Dr. Abd. Azis Tata Pangarsa, M.Pd. Kata Kunci : Efektivitas, Diferensiasi, Gaya Belajar, Peningkatan Pemahaman Kognitif, Pendidikan Agama Islam Peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 1 Asrikaton Malang memiliki kebutuhan yang bervariatif dalam belajar yang menentukan gaya belajarnya. Kebutuhan belajar tersebut sebenarnya dipengaruhi oleh kondisi keluarga dan juga kondisi lingkungan tempat tinggal mereka. Untuk memenuhi peningkatan pemahaman kognitif setiap peserta didik dibutuhkan diferensiasi gaya belajar di SDN 1 Asrikaton. Tujuan penelitian ini adalah memahami dan menganalisis Efektivitas diferensiasi gaya belajar pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap peningkatan pemahaman kognitif peserta didik di SDN 1 Asrikaton Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi antar diferensiasi gaya belajar dan pemahaman kognitif dengan jumlah populasi penelitian sebanyak 173 orang dan sampel penelitian sebanyak 115 orang. Untuk menguji data hasil penelitian ini dilakukan uji validitas dan uji reabilitas serta uji analisis data yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis menggunakan SPSS. Hasil penelitian yang diperoleh penelitian yang telah diperoleh diferensiasi belajar berpengaruh positif terhadap pemahaman kognitif peserta didik di SDN 1 Asrikaton. diferensiasi belajar berpengaruh positif terhadap peningkatan pemahaman kognitif peserta didik di SDN 1 Asrikaton Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Dari hasil uji hipotesis syang diperoleh menunjukkan bahwasanya nilai sig < 0,05 maka H_a yang menyatakan diferensiasi gaya belajar efektif dilakukan terhadap pemahaman kognitif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik di SDN 1 Asrikaton Kecamatan Pakis Kabupaten Malang sehingga H_O ditolak. Diferensiasi memiliki pengaruh terhadap peningkatan pemahaman kognitif dengan rata-rata persentase peningkatannya adalah 26,3%.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | B Karya Umum > BD penelitian D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Putri Wahyuni 2312120231 |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 07:00 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 07:00 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1484 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |