Ilyas, M (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN KURIKULUM PONDOK PESANTREN SALAF BERBASIS MATA PELAJARAN DI PONDOK PESANTREN DARUSSA’ADAH AL ISLAMY GUBUKKLAKAH PONCOKUSUMO. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
![]() |
Text
cover fix.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (640kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (600kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (689kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (389kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (559kB) |
Abstract
ABSTRAK Ilyas, M. 2025. Strategi Pengembangan Kurikulum Pondok Pesantren Salaf Berbasis Mata Pelajaran Di Pondok Pesantren Darussa’adah Al Islamy Gubuklakah. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam Malang. Dalam dunia pendidikan Islam, pondok pesantren salaf memiliki peran sentral sebagai lembaga yang melestarikan tradisi keilmuan klasik melalui pengkajian kitab-kitab kuning. Namun, di tengah tantangan zaman modern dan kebutuhan akan pendidikan yang relevan, muncul urgensi untuk mengembangkan kurikulum yang tidak hanya mempertahankan nilai-nilai salaf tetapi juga adaptif terhadap perkembangan. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kebutuhan akan kurikulum yang adaptif terhadap tantangan zaman, tanpa menghilangkan ciri khas pesantren salaf. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengembangan kurikulum pondok pesantren salaf berbasis mata pelajaran di Pondok Pesantren Darussa’adah Al Islamy Gubukklakah, Poncokusumo, Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum di Pondok Pesantren Darussa’adah dikembangkan secara dinamis oleh para ustadz dan pengasuh pesantren, berdasarkan kebutuhan santri dan tujuan pendidikan pesantren. Strategi pengembangan kurikulum dilakukan melalui perencanaan berbasis kebutuhan, fleksibilitas dalam penerapan, integrasi nilai-nilai klasik dan modern, serta evaluasi secara bertahap. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan kurikulum berbasis mata pelajaran di pesantren salaf dapat berjalan efektif apabila melibatkan peran aktif guru, memahami karakteristik santri, dan mengadaptasi pendekatan yang kontekstual. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi lembaga pendidikan Islam dalam menyusun strategi pengembangan kurikulum yang lebih relevan dan berkelanjutan. Kata Kunci: Kurikulum, Mata Pelajaran, Pesantren Salaf, Strategi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | D Agama > D Agama |
Depositing User: | Ilyas M. 217720216 |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 06:16 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 06:16 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1460 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |