Nadzimuddin, Nadzim (2022) INTEGRASI MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH DAN PESANTREN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS DARUN NAJAH KARANGPLOSO MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
![]() |
Text
1. COVER (AutoRecovered).pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
2. BAB 1.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (961kB) |
![]() |
Text
3. BAB 2.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (733kB) | Request a copy |
![]() |
Text
3. BAB 2.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (733kB) | Request a copy |
![]() |
Text
4. BAB 3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB 5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (300kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (458kB) |
Abstract
Salah satu fenomena yang menjadi perhatian besar dalam Kurikulum 2013 adalah merosotnya sikap moral masyarakat Indonesia belakangan ini. Mulyasa mengkhawatirkan ini menjadi bukti terjadinya pergeseran nilai menuju kehancuran, atau pembentukan nilai-nilai baru atas dasar pragmatisme, materialisme, hedonisme, sekularisme, bahkan atheisme. Dalam membentuk karakter atau akhlak mulia, Indonesia sudah sejak lama telah memiliki model pendidikan yang sukses membentuk karakter anak bangsa dalam sistem pendidikan “pesantren”. Oleh sebab itu, perpaduan pesantren ke dalam sistem pendidikan formal seperti sekolah dan madrasah menjadi penting untuk diterapkan dewasa ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk mendeskripsikan konsep manajemen kurikulum madrasah dan pesantren di MTs Darun Najah Karangploso Malang. Kedua, untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum integratif madrasah dan pesantren di MTs Darun Najah Karangploso Malang dan ketiga, untuk mendeskripsikan peninjauan manajemen kurikulum madrasah dan pesantren di MTs Darun Najah Karangploso Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan satuan analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, lalu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian di MTs Darun Najah Karangploso Malang ini adalah: 1) Konsep manajemen kurikulum madrasah dan pesantren di dilakukan dengan: a) mengintegrasikan tujuan kurikulum dan b) mengintegrasikan pengorganisasian isi kurikulum. 2) Pelaksanaan manajemn kurikulum madrasah dan pesantren dilakukan dengan: a) mengintegrasikan program pelaksanaan kurikulum dan b) mengintegrasikan supervisi pelaksanan kurikulum. 3) Peninjauan integratif manajemen kurikulum madrasah dan pesantren dilakukan dengan mengevaluasi kurikulum secara koordinatif antara madrasah dan pesantren, yang meliputi: a) evaluasi konteks kurikulum, b) evaluasi input kurikulum, c) evaluasi proses kurikulum dan d) evaluasi produk kurikulum.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) B Karya Umum > B psikologi |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Nadzim Nadzimuddin 2018.77.20.106 |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 05:55 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 05:55 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1448 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |