Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

Maulida, Citra Puspita (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGUATKAN SELF CONTROL SISWA DI SMP YPI DARUSSALAM 2 CERME GRESIK. S2 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (287kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (198kB)

Abstract

Melihat fenomena saat ini sering muncul berbagai permasalahan disebabkan kurangnya seseorang dalam mengontrol diri. Kemampuan individu dalam mengontrol diri juga tidak lepas dari pengawasan guru di sekolah. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam penguatan self control siswa khususnya guru pendidikan agama Islam. Setiap individu harus memiliki self control yang baik, yang mana self control tersebut menjadi arah positif bagi seseorang dalam berperilaku kepada sesama dan masyarakat sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam dalam menguatkan self control siswa aspek cognitive control, behavior control, dan decisional control di SMP YPI Darussalam 2 Cerme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan strudi dokumentasi. Pengecekan data kembali dengan menggunakan triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yaitu dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran guru pendidikan agama Islam dalam menguatkan self control siswa aspek cognitive control di SMP YPI Darussalam 2 adalah melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan di sekolah meliputi : program mengaji sebelum pembelajaran selama 1 jam, sholat dhuhur berjamaah, istighotsah, sholat dhuha berjamaah, infaq di hari jumat, jumat bersih, jumat sehat, berjabat tangan dengan guru sebelum masuk ke sekolah, peringatan hari-hari besar Islam, dan guru pendidikan agama Islam menjelaskan materi kepada siswa dengan menghubungkan materi pendidikan agama Islam dengan contoh kehidupan sehari-hari. 2) Peran guru pendidikan agama Islam dalam menguatkan self control siswa aspek behavior control di SMP YPI Darussalam 2 adalah pemberian system buku poin bagi siswa yang melanggar peraturan sekolah, apabila poin sudah banyak maka akan ada panggilan orang tua, pemberian sanksi yang mendidik bagi siswa bagi siswa yang melanggar peraturan sekolah, dan guru memberikan teladan yang baik bagi siswa. 3) Peran guru pendidikan agama Islam dalam menguatkan self control siswa aspek decisional control di SMP YPI Darussalam 2 Cerme adalah melibatkan siswa dalam kegiatan-kegiatan keagamaan rutin di sekolah, menerapkan metode pembelajaran diskusi atau dengan kelompok untuk memudahkan siswa dapat memecahkan masalah pembelajaran, dalam pembelajaran PAI ada sesi tanya jawab apabila ada materi yang belum difahami, memberikan fasilitas bimbingan konseling kepada siswa untuk membantu memecahkan masalah siswa, serta adanya kerjasama yang baik antara beberapa pihak yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: D Agama > D Agama
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulida Citra Puspita 2212120170
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:29
Last Modified: 21 Jul 2025 07:29
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1437

Actions (login required)

View Item View Item