Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

Fauzah, Lailatul (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MTS BAHRUL ULUM TAJINAN. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
COVER PDF 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (523kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V ELA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI ELA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ELA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (225kB)

Abstract

ABSTRAK Lailatul, Fauzah. 2024. Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Bahrul Ulum Tajinan Malang. Skripsi. Program Sarjana Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam Malang. Pembimbing: Jodang Setia Adi Anista R, S.Pd., M.E. Kata Kunci :Pembelajaran akidah Akhlak, Karakter Siswa Pembelajaran Akidah Akhlak memiliki peranan yang penting dalam pembentukan karakter dan kepribadian siswa, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Pembelajaran akidah akhlak menekankan kepada pembentukan karakter siswa yang islami, menanamkan pemahaman dan memimbing siswa agar memiliki kepribadian yang jujur, disiplin, berakhlakul karimah, serta bermanfaat bagi sesama. Karakter merupakan hal yang sangat penting dan mendasar. Mengingat begitu urgennya karakter, maka lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab untuk menanamkannya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan: (1) Mengukur pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap pembentukan karakter siswa di MTs Bahrul Ulum Tajinan Malang, (2) Mengetahui proses pembelajaran akidah akhlak di MTs Bahrul Ulum Tajinan Malang. Untuk menjawab rumusan masalah yang pertama peneliti menggunakan rumus korelasi product moment dan analisis data lainnya, sedangkan untuk menjawab rumusan masalah yang kedua peneliti melakukan wawancara kepada guru akidah akhlak MTs Bahrul Ulum Tajinan Malang. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif, pengumpulan data dengan observasi selama kegiatan yang ada di Madrasah, melakukan wawancara bersama guru akidah akhlak, penyebaran angket kepada peserta didik, dan dokumentasi juga dilakukan selama penelitian. Dengan menggunakan analisis data uji korelasi product moment, uji regresi linier sederhana, uji normalitas, uji multikolonoieritas, dan untuk uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran akidah akhlak dan pembentukan karakter siswa di MTs Bahrul Ulum Tajinan Malang adalah ada pengaruh. Hal ini terbukti berdasarkan analisa data yang dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment bahwa r hitung 0,7272 > r tabel 0,1816, dan selanjutnya menggunakan uji t dan f menunjukkan bahwa t hitung > t tabel dan f hitung > f tabel. Dengan demikian menunjukkan bahwa hipotesa kerja (H1) yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap pembentukan karakter siswa adalah diterima. Dan hipotesis nihil (H0) yang menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh antara pembelajaran akidah akhlak terhadap pembentukan karakter siswa di MTs Bahrul Ulum Tajinan ditolak. (2) Proses pembelajaran akhlak di MTs Bahrul Ulum Tajinan Malang menekankan pada pentingnya pembentukan karakter, maka materinya dikaitkan dengan pembiasaan yang ada hubungannya dengan penanaman karakter yang baik. Sedangkan pembelajaran akidah menekankan pada pentingnya penguatan keimanan siswa, maka hal-hal yang berkaitan dengan materi itu dikembalikan pada pengalaman siswa dalam menerapkan di kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: A General > Indexes (General)
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lailatul Fauzah 2077011638
Date Deposited: 19 Jul 2025 07:24
Last Modified: 19 Jul 2025 07:24
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1433

Actions (login required)

View Item View Item