AL MAFAZ, FINA (2025) MODEL PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN TAHAFFUDZUL QUR’AN (PPTQ) AL-KAHFI KABUPATEN PATI. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
![]() |
Text
Cover_watermark.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I_watermark.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (493kB) |
![]() |
Text
BAB II_watermark.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (894kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III_watermark.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (369kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV_watermark.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (761kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V_watermark.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (611kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB VI_watermark.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (188kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_watermark.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (282kB) |
Abstract
Santri PPTQ Al-Kahfi rata-rata merupakan siswa Madrasah Tsnawiyah dan Madrasah Aliyah. Usia yang relatif terlambat untuk memulai belajar baca tulis Al-Qur’an, membuat PPTQ Al-Kahfi harus merencanakan dan melaksanakan model pembelajaran yang efektif untuk menjadikan santri-santrinya dapat membaca dan menulis Al-Qur’an dengan tepat dan cepat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran yang ada di PPTQ Al-Kahfi di Kabupaten Pati. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis implikasi model pembelajaran tersebut terhadap santri di PPTQ Al-Kahfi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasinya berada PPTQ Al-Kahfi yang terletak di Ds. Pekalongan RT 06 RW 01, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer berupa wawancara dan observasi. Sedangkan sumber data sekunder berupa, sumber dari media elektronik, buku-buku, jurnal online, undang-undang. Metode pengumpulan data penelitian ini dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: (1) Pelaksanaan Model Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di PPTQ Al-Kahfi menggunakan strategi pembelajaran gabungan antara metode Qiraati, Yanbu’a , dan Imla’ul Manqul, metode pembelajarannya menggunakan menulis mushaf, pembelajaran dibuka dengan salam, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Syair Kalamun, lalu ustadz/ah mendata kehadiran santri, santri menulis sebanyak 1 halaman jilid Yanbu’a /mushaf dengan pensil (Imla’uul Manqul), jika sudah selesai maka tulisannya disetorkan kepada ustadz/ah untuk dikoreksi menggunakan standar Qiraati, yang dilakukan bersamaan saat santri membaca jilid Yanbu’a /mushaf, ustadz/ah menilai dan menandatangi buku setoran untuk evaluasi sembari melakukan refleksi yang sifatnya fleksibel, santri membenarkan tulisannya berdasarkan evaluasi dari ustadz/ah, pembelajaran ditutup dengan doa setelah membaca Al-Qur’an dan di akhiri dengan salam penutup. (2) Analisis implikasi model pembelajaran yang diterapkan di PPTQ Al-Kahfi adalah dapat meningkatkan efektifitas waktu, meningkatkan kemandirian belajar, meningkatkan kondusifitas kelas, meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an, dapat membentuk anak yang hormat kepada guru, membantu sesama teman, teliti dan disiplin.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | G Sosial > GB Pendidikan |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fina Al Mafaz 2177011874 |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 02:46 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 02:46 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1332 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |