Hikmah, Indi Nuriyatul (2024) STUDI EVALUATIF KEBERADAAN PROGRAM KITAB KUNING BERDASARKAN 2 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGKAT MENENGAH ATAS DI MA AL-ITTIHAD PONCOKUSUMO. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (456kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (353kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (156kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (755kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (153kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (497kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
cover.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan sebuah komponen penting yang berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Otonomi di bidang pendidikan telah memberikan kesempatan dan wewenang bagi setiap lembaga pendidikan untuk melakukan inovasi dalam pengembangan dan implementasi kurikulum serta pembelajaran. MA Al-Ittihad Poncokusumo merupakan salah satu lembaga madrasah berbasis pesantren yang memiliki ciri khas atau keunikan dengan mengembangkan program kitab kuning sepaya upaya dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning peserta didik. Dalam mengembangkan program kitab kuning menjadi sebuah program yang berkualitas maka diperlukan adanya kesesuaian dengan Standar Nasional Pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mendeskripsikan keberadaan program kitab kuning di MA A-Itttihad, 2). Untuk menganalisis evaluasi program kitab kuning berdasarkan 2 standar nasional Pendidikan (standar isi dan standar proses). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles Huberman & Saldana. Uji keabsahan data dilakukan dengan tringulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Keberadaan Program kitab kuning merupakan salah satu program yang disusun berdasarkan hasil analisis kebutuhan seorang santri yang identik dapat membaca kitab kuning. Program kitab kuning dilaksanakan sebagai salah satu ciri khas sekolah untuk menunjukkan salah satu keunggulan dari MA Al-Ittihad Poncokusumo yang berbasis pesantren. Program tersebut dimasukkan dalam pembelajaran muatan lokal. 2). Hasil evaluasi program kitab kuning berdasarkan 2 standar nasional (standar isi dan standar proses) menunjukkan 88% dari evaluasi diri program kitab kuning sekolah, dalam hal ini menunjukkan bahwa program kitab kuning memang masih belum seluruhnya selaras dengan standar yang telah ditetapkan. Sehingga dengan studi evaluatif ini, dapat ditemukan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas program kitab kuning agar dapat sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | B Karya Umum > BD penelitian G Sosial > GA Pembelajaran D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | INDI NURIYATUL HIKMAH 2077011506 |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 04:07 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 04:07 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1311 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |