Asri, Sonya Resita Puspita (2025) ANALISIS PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENDAFTARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM 02 DAU MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
![]() |
Text
Cover.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (683kB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (942kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (817kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (358kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (226kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (516kB) |
Abstract
Di era digital, media sosial menjadi alat promosi yang efektif, termasuk dalam bidang pendidikan. Sekolah perlu memanfaatkan platform seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan YouTube untuk memperluas jangkauan informasi dan membangun kepercayaan masyarakat. Promosi yang tepat melalui media sosial dapat membantu calon siswa dalam menentukan pilihan sekolah dan meningkatkan citra lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi media sosial terhadap minat dan kepercayaan masyarakat, serta mengkaji penyebab menurunnya jumlah peserta didik baru di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim 02 Dau, guna merumuskan strategi peningkatan yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah (1) pengaruh promosi media sosial terhadap pengambilan keputusan pendaftaran di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim 02 Dau Malang (2) pengaruh kepercayaan terhadap pengambilan keputusan pendaftaran di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim 02 Dau Malang Metode penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif, data yang diperoleh dari angket dan dokumentasi, dengan uji regresi linier sederhana, uji multikolonieritas, uji normalitas, dan untuk uji Hipotesis dengan menggunakan uji t, uji f dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian Analisis Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Kepercayaan Terhadap Pengambilan Keputusan Pendaftaran Di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim 02 Dau Malang dengan jumlah sampel dalam penelitian 138 responden, penelitian ini memiliki pengaruh yang signifikan, hal ini didapat dari hasil uji regresi linier sederhana X1 0.490>0,05 dan X2 0.585>0,05 sehingga melalui uji regresi linier sederhana ini dikatakan kategori sedang, untuk uji multikolonieritas terdapat hasil nilai tolerance X1 0,854 > 0.100 dan X2 nilai tolerance 0,854 > 0.100 maka disimpulkan tidak terjadi gejolak multikolinieritas pada variabel dependen, untuk uji normalitas terdapat hasil nilai signifikansi 0.200 > 0.05, maka dapat disimpulkan nilai residual berdistribusi normal, Sedangkan untuk hasil uji thitung X1 dengan nilai 4.439 dibandingkan dengan ttabel sebesar 1.655 dan X2 dengan nilai 6.617 dibandingkan dengan ttabel sebesar 1.655 maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh secara parsial terhadap variabel Y. untuk uji f terdapat hasil fhitung 50.279>ftabel 3,91, sehingga dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa variabel independen memiliki pengaruh secara simultan. Berdasarkan uji determinsi pengaruh variabel promosi (X1) dan kepercayaan (X2) terhadap variabel preferensi konsumen (Y) adalah sebesar 42% dan sisanya 58% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) B Karya Umum > BD penelitian G Sosial > GB Pendidikan |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | sonya resita puspita asri 217720197 |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 07:29 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 07:29 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1307 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |