Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

Hakim, Lukman (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE TILAWATI DI MI AL ISHLAH KECAMATAN PUJON MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
cover lengkap.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (375kB)
[img] Text
bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (33kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah melihat masih adanya kesenjangan kemampuan baca Al-Qur’an yang cukup mencolok pada peserta didik di Lembaga yang peneliti pilih, sehingga kesenjangan dalam hal membaca Al-Qur’an tersebut berpengaruh pada kualitas bacaan Al-Qur’an siswa secara khusus dan berpengaruh pada kegiatan belajar mengajar secara umum. Program bimbingan al-Qur’an tidak terlepas dari metode pembelajaran al-Qur’an. Dalam penelitian ini, peneliti memilih metode Tilawati untuk diteliti karena banyak dari lembaga pendidikan formal yang sudah menggunakan metode Tilawati terutama di wilayah Malang. Sedangkan sebagai tempat penelitian, peneliti termotivasi untuk mengadakan penelitian di MI Al-Ishlah kecamatan Pujon Malang karena di Sekolah ini juga salah satu pengguna metode Tilawati. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Tilawati di terapkan serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat terhadap Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an Menggunakan metode Tilawati di MI Al-Ishlah Kecamatan Pujon Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Lokasi yang diteliti adalah MI Al-Ishlah yang berada di desa Wiyurejo kecamatan Pujon-Malang dengan subjek penelitan yakni kepala MI Al-Ishlah, Waka kurikulum, Guru PAI sebagai koordinator pembelajaran al-Qur’an dan salah seorang dari pengajar Tilawati di MI Al- Ishlah. Pengumpulan data dilakukan adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, kemudian penyajian data, dan akhirnya dari data yang telah disusun tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, dan kepastian (konfermability). Hasil dari penelitian ini antara lain: 1. Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas baca Al-Qur’an menggunakan jenis strategi pembelajaran pengulangan, strategi pembelajaran pembiasaan, dan strategi pembelajaran pemodelan, 2. Terjadi keselarasan antara jenis strategi pembelajaran yang di gunakan guru Pendidikan Agama Islam dengan metode pembelajaran Al-Qur’an yang sudah di tentukan yaitu metode tilawati, 3. Faktor pendukung strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas baca Al-Qur’an di antaranya adalah lengkapnya sarana dan pra sarana, guru yang sudah bersyahadah metode tilawati, juga adanya dukungan semua pihak, 4. Faktor penghambat yang di temukan mulai dari kondisi dan latar belakang siswa, juga kemampuan personil/guru pembimbing pembelajaran Al-Qur’an, 5. Guru PAI melakukan penyesuaian atau modifikasi terhadap porsi aturan tilawati dengan waktu yang tersedia di MI Al-Ishlah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Metode Tilawati, Kualitas Baca Al-Qur’an.
Subjects: D Agama > D Agama
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lukman hakim 2018.77.01.1247
Date Deposited: 14 May 2025 06:04
Last Modified: 14 May 2025 06:04
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1215

Actions (login required)

View Item View Item