Rodiah, Ida Rofi Unnur (2024) IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA MELALUI PEMBINAAN KESADARAN BERAGAMA DI MA INTEGRATIF NU AL-HIKMAH JERU TUMPANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
COVER.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (757kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (383kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (400kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (334kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (567kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (70kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (220kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pembinaan kesadaran beragama oleh guru kepada siswa untuk diimplementasikan kedalam sikap moderasi beragama. Penelitian ini dilakukan di MA Integratif NU Al-Hikmah, karena lembaga ini berintegrasi dengan pesantren, yang sebagian besar siswa adalah santri dari Pesantren Pendidikan Pondok Pesantren Islam (PPPI) Jeru Tumpang Kab. Malang. Pada MA Integratif NU Al-Hikmah Jeru Tumpang Kab. Malang moderasi beragama telah diterapkan dalam beberapa kegiatan, dan untuk lebih mengoptimalkan lagi maka guru di sekolah tersebut menggunakan strategi dengan memberi pembinaan kesadaran beragama, melalui kegiatan keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui bagaimana implementasi moderasi beragama melalui pembinaan kesadaran beragama siswa di MA Integratif NU Al-Hikmah Jeru Tumpang Kab. Malang Tumpang, 2) Mengetahui hasil dari pembinaan kesadaran beragama untuk mengimplementasikan moderasi beragama di MA Integratif NU Al-Hikmah Jeru Tumpang Kab. Malang Tumpang. Untuk dapat mencapai tujuan-tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan deskriptif. Untuk dapat dengan mudah dalam menentukan subyek penelitian, peneliti menggunakan teknik purposive. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan kesadaran beragama di MA Integratif NU Al-Hikmah Jeru menggunakan metode ceramah, pembelajaran Al-Quran dan dzikir dengan memuat prinsip moderasi beragama. Hasil pembinaan kesadaran beragama terlihat dari pemenuhan indikator moderasi beragama 1) indikator komitmen kebangsaan terlihat dari kegiatan upacara bendera dan upacara kemerdekaan, lomba gerak jalan se-Kecamatan Tumpang, lomba kemerdekaan, adanya organisasi OSIS dan pramuka, serta adanya Baksos, 2) indikator toleransi terlihat dari kegiatan: Pemilihan ketua OSIS, diskusi di kelas, 3) indikator anti radikalisme terlihat dari adanya kegiatan pawai dan upacara hari santri, dan 4) indikator sikap akomodatif terhadap budaya lokal terlihat dari keikutsertaan seluruh siswa dalam kegiatan pembacaan Istighotsah dan Ratibul Haddad dan program keterampilan tata boga dan tata busana.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ida Rofi'Unnur Rodiah 2077011503 |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 04:28 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 04:28 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/862 |
Actions (login required)
View Item |