Kamal, Abdulloh (2024) MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUNDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KITAB KUNING DI MADRASAH HIDAYATUL MUBTADI-IEN LIRBOYO KEDIRI. S2 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
![]() |
Text
.COVER.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (547kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (654kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (493kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (630kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (484kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (354kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (456kB) |
Abstract
ABSTRAK Kamal, Abdulloh. 2024. Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Stundent Teams Achievement Divisions dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kitab Kuning di Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien Lirboyo Kediri. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly AL – Hikam Malang. Pembimbing Tesis : Dr.Zaenu Zuhdi,Lc,M.HI. dan Dr. Umi Salamah, M.Pd.I. Kata Kunci : Model pembelajaran, Kitab Kuning, Cooperative Learning, Student Teams Achivement Division Pendidikan di Lembaga manapun adalah Upaya sadar dan terencana untuk membebaskan manusia dari kegelapan ketidaktahuan. Namun tujuan tersebut belum sepenuhnya tercapai sesuai harapan. Hal ini dikarenakan proses belajar mengajar masih didominasi dengan pendekatan satu arah. Dengan menerapkan metode pembelajaran yang berbeda, diharapkan dapat memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar kitab kuning bagi para santri. Model pembelajaran dipilih dan dirancang untuk lebih menekankan pada akivitas santri. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk : (1) Mendiskripsikan dan menganalisis penerapan model Cooperative Learning Tipe Stundent Teams Achievement Divisions dalam meningkatkan pembelajaran kitab kuning di Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien Lirboyo Kediri. (2) Mendiskripsikan dan menganalisis implikasi penerapan model Cooperative Learning Tipe Stundent Teams Achievement Divisions dalam meningkatkan pembelajaran kitab kuning di Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien Lirboyo Kediri. Untuk mencapai tujuan dari penelitian diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Yang menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Dengan analisis data yang dimulai dengan tahapan pengumpulan data, penyederhanaan , pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Serta upaya mengecek keabsahan data menggunkan teknik triangulasi, yakni membandingkan antara hasil penelitian yang diperoleh, yakni trianggulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) penerapan model Cooperative Learning Tipe Stundent Teams Achievement Divisions dalam meningkatkan pembelajaran kitab kuning di Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien Lirboyo Kediri, yang meliputi (a) Perencanaan pembelajaran yang menggunakan beberapa tahapan yaitu Tahapan pembinaan keakraban, tahapan identifikasi kebutuhan, sumber dan kemungkinan hambatan, tahapan perumusan tujuan, dan tahapan penyusunan program. (b) Pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari langkah – langkah pembelajaran dan langkah langkah penggunaan pembelajaran model Student Teams Achivement Division dimulai dari penyampaian tujuan sampai dengan evaluasi dan penghargaan (c) Evaluasi mencakup bagaimana cara mengevaluasi, apa saja indikator keberhasilan yang diperoleh dari penilaian kelompok, penguasaan materi, sistematika penulisan makalah, serta tugas esai kepada tiap individu, serta tips agar tercapainya tujuan pembelajaran. (2) Implikasi dari penerapan model Cooperative Learning Tipe Stundent Teams Achievement Divisions dalam meningkatkan pembelajaran kitab kuning dimana didalamnya tidak hanya menyajikan implikasi yang dihasilkan namun juga membahas hambatan serta upaya dalam mengatasi hambatan tersebut.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Abdulloh Kamal 2212120135 |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 05:24 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 05:24 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/808 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |