Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

afifatul indrayani, Dyah (2022) “Pembiasaan Shalat Dhuha Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Kelas IV MINU Asrikaton. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
Dyah afi cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (726kB)
[img] Text
Dyah afi bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (470kB)
[img] Text
Dyah afi bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text
Dyah afi bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text
Dyah afi bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
Dyah afi bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
Dyah afi bab 6.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (123kB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan sebagai upaya yang dilakukan dalam rangka memperbaiki karakter peserta didik. sehingga kemudian menjadi manusia yang utuh dan berkarakter dalam dimensi hati, fikiran, raga, dan rasa. pendidikan menjadi solusi terbaik dalam rangka membentuk dan memperkuat karakter bangsa sehingga kemudian menjadi manusia yang bermoral dan mampu membentengi diri dari arus globalisasi yang begitu cepat seperti saat ini. Pendidikan karakter dalam ajaran Islam senantiasa dilakukan sejak anak masih dini, salah satunya dengan membiasakan shalat dhuha. Pemebentukan karakter melalui pembiasaan shalat dhuha merupakan Pendidikan karakter yang mengupayakan terbentuknya karakter serta moral anak sehingga terhindar dari degradasi moral dalam bentuk fikiran maupun prilaku. Sehingga dalam penelitian ini akan mengkaji mengenai Pembiasaan Shalat Dhuha Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik kelas IV MINU Asrikaton Tujuan Penelitian ini untuk: (1). Bagaimana pembiasaan shalat dhuha dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas IV MINU Asrikaton (2). Apa saja faktor penghambat dan pendukung pembiasaan shalat dhuha dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas IV MINU Asrikaton. Strategi penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah Ibtida’iyah Nahdhatul Ulama’. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dilakuan beberapa tahap yaitu: kondensasi data, data display, verifikasi data (kesimpulan). Keabsahan data dengan traggulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan karakter yang dilakukan di MINU Asrikaton melalui kegiatan pembiasaan shalat dhuha yang senantiasa dilakukan oleh peserta didik dari kelas IV dengan beberapa guru pendamping. Nilai-nilai yang dikembangkan adalah (1). Pembiasaan shalat dhuha dalam membentuk karakter religius peserta didik mempunyai dampak positif dalam pembentukan karakter, yaitu dari segi aspek iman, aspek islam, dan aspek amalia. Sehingga pembiasaan ini berdampak baik pada keseharian siswa lebih-lebih dalam beribadah kepada Allah. (2). Faktor penghambat dan pendukung dalam pembiasaan pembentukan karakter religius peserta didik a. Faktor penghambat: adanya keluarga yang masih awam pengetahuan agama terhadap ibadah sunnah. Dan adanya anak yang belum berwudu’ ketika shalat dhuha akan dimulai. b. Faktor pendukung: adanya dukungan semua guru, warga sekolah dan kepala sekolah. Dan adanya dukungan dari para orang tua yang memahami pentingnya pembiasaan shalat dhuha bagi anak-anak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: D Agama > D Agama
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: dyah afifatul indrayani 2018.77.01.1140
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:18
Last Modified: 12 Jul 2024 04:30
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/574

Actions (login required)

View Item View Item