ilmi, fina hisbatul (2023) PENERAPAN METODE TILAWATI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN KELAS I MI RAUDLATUL FALAH TALOK TUREN. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
Bab I.pdf.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (367kB) |
|
Text
Bab VI.pdf.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (132kB) | Request a copy |
|
Text
Bab III.pdf.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (273kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (187kB) | Request a copy |
|
Text
ARTIKEL SKRIP FINAHISBA (p).pdf Download (248kB) |
|
Text
Bab V.pdf.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (276kB) | Request a copy |
|
Text
Bab IV.pdf.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (458kB) | Request a copy |
|
Text
Cover.pdf.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (756kB) | Request a copy |
|
Text
Bab II.pdf.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (490kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Tilawati sebagai upaya dalam meningkatkan membaca Al-Qur’an siswa kelas I di MI Raudlatul Falah Talok Turen Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket yang penyajian datanya disajikan dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator Tilawati dan guru Tilawati. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Metode Tilawati sebagai solusi dalam meningkatkan membaca Al-Qur’an kelas 1 MI Raudlatul Falah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Metode Tilawati dalam Pembelajaran Al-Qur’an kelas 1 MI Raudlatul Falah Talok Turen berjalan dengan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan belajar mengajar yang dapat dikelola dengan cukup baik oleh guru serta semangat dan keaktifan siswa di kelas Tilawati dalam mengikuti proses pembelajaran. Serta faktor pendukung berupa, tenaga pendidik yang sudah bersyahadah, kepribadian guru, kemampuan guru dalam penguasaan metode Tilawati, adanya guru pengganti, media pembelajaran yang tersedia serta minat belajar siswa. Hasil penelitian ini juga memberikan implikasi bahwa semakin baik anak dapat membaca Al-Qur’an akan sangat berguna ketika anak sudah dewasa. Selain dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan mahrojnya, hafalan-hafalan anak juga berguna ketika anak melakukan sholat. Oleh karena itu, peneliti selanjutnya diharapkan untuk terus mengembangkan penelitian tentang solusi peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an secara mendalam untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Tilawati
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | G Sosial > GA Pembelajaran D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fina hisbatul ilmi 1977011444 |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 01:04 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 05:21 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/555 |
Actions (login required)
View Item |