Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

YUSUF, THOMAS MUHAMMAD (2024) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MODERASI BERAGAMA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI SD BAHRUL MAGHFIROH KOTA MALANG. S2 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (546kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (936kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (243kB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Yusuf, Thomas. 2024. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama dengan Pendekatan Kontekstual di SD Bahrul Maghfiroh Kota Malang. Tesis, Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al Hikam Malang. Pembimbing: Dr. Abd. Azis Tata Pangarsa, M.Pd dan Dr. Siti Mutholingah, M.Pd.I. Kata kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendekatan Kontekstual, Moderasi Beragama. SD Bahrul Maghfiroh Kota Malang (SDBM) merupakan sekolah swasta yang telah menerapkan moderasi beragama dalam pembelajaran PAI dengan pendekatan kontekstual. Pada strategi pembelajaran kontekstual guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan banyak memberikan contoh nyata sikap moderat, yaitu sikap saling menghormati, saling sapa, hidup damai, menghargai perbedaan, peduli sesama, dan sikap baik lainnya. Penelitian ini difokuskan pada konsep, implementasi, dan implikasi pembelajaran PAI berbasis moderasi beragama dengan pendekatan kontekstual di SDBM. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Latar penelitian ini di kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler di SDBM. Sumber data penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, para guru, dan siswa-siswi yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran PAI. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen kunci penelitian ini pada dasarnya adalah peneliti sendiri, namun untuk mempermudah peneliti, instrumen penelitian berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi juga digunakan. Data dianalisis melalui proses deskripsi, kondensasi, kategorisasi, dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) konsep pembelajaran PAI berbasis moderasi beragama dengan pendekatan kontekstual di SDBM mengacu pada prinsip Islam Wasathiyyah yaitu Islam yang rahmatan lil ‘ālamīn Nahdatul Ulama (NU). (2) implementasi pembelajaran PAI berbasis moderasi beragama dengan pendekatan kontekstual di SDBM dilaksanakan melalui penerapan P5 Kurikulum Merdeka, penyusunan modul moderasi beragama, penerapan strategi pembelajaran kontekstual di kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, dan pelaksanaan evaluasi proses implementasi pembelajaran melalui asesmen formatif dan asesmen sumatif. (3) implikasi pembelajaran PAI berbasis moderasi beragama dengan pendekatan kontekstual di SDBM secara umum cukup terlihat berdampak positif pada siswa, dan sudah sesuai dengan harapan guru meskipun belum sempurna. Hal ini terbukti dari tercapainya indikator moderasi beragama dan berkembangnya nilai-nilai moderasi beragama yang meliputi komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan penerimaan terhadap tradisi; dan sikap sosial siswa-siswi SDBM meliputi, sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, dan sopan santun.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: D Agama > D Agama
Depositing User: THOMAS MUHAMMAD YUSUF 2212120160
Date Deposited: 11 Jun 2024 03:57
Last Modified: 12 Jul 2024 04:25
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/539

Actions (login required)

View Item View Item