Faruq., Saiful (2019) PERANAN GURU NGAJI DALAM MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN AL-QUR`AN KEPADA KAUM LANSIA DI MUSALA BABUL FATTAH JL KI AGENG GRIBIG MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (550kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (761kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (340kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (793kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (410kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (192kB) | Request a copy |
|
Text
COVER.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (296kB) | Request a copy |
Abstract
Peran guru ngaji di Musala, Babul Fattah menjadi daya tarik kaum lansia belajar Al-Qur`an yang mana dengan kondisi lansia secara fisiologis maupun psikologis menjadi hal terberat dalam berlangsungnya pembelajaran Al-Qur`an namun dengan adanya guru dengan latar belakang pesantren menjadi salah satu daya minat sekaligus semangat dalam belajar Al-Qur`an dengan motivasi menggunakan kitab klasik dan pembelajaran menggunakan metode sesuai kebutuhan belajar kaum lansia Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam mengoptimalkan bacaan Al-Qur`an bagi kaum lansia di Musala Babul Fattah Jl Ki Ageng Gribig Malang. Dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran Al-Qur`an bagi kaum lansia di Musala Babul Fattah Jl Ki Ageng Gribig Malang. Penelitian ini di lakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan fokus penelitiannya adalah peran dan peranan guru ngaji dalam mengoptimalkan pembelajaran Al-Qur`an bagi kaum lansia di Musala Babul Fattah teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang mengoptimalkan pembelajaran Al-Qur`an bagi kaum lansia di Musala Babul Fattah Jl Ki Ageng Gribig malang menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa, peran guru ngaji dalam mengoptimalkan pengajaran Al-Qur`an kepada kaum lansia di Musala Babul Fattah harus ada bimbingan khusus serta motivasi dari seorang guru ngaji, faktor pendukung dalam proses pengajaran Al-Qur`an pada ibu-ibu lansia yaitu: a. Fasilitas. b. Metode penunjang Bil-Qolam dan Tilawati. (3) faktor penghambat dalam proses pengajaran Al-Quran yaitu : a. Belum adanya metode khusus yang relevan bagi kaum lansia dalam pengajaran Al-Qur`an hinga saat ini b. Faktor fisiologis yang menjadi inti pada faktor terpenting dalam berlangsungnya pembelajaran Al-Qur`an.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpus STAIMA AL-HIKAM |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 06:34 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 04:09 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/43 |
Actions (login required)
View Item |