Sofiya, Alis (2019) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI FIQIH BAB JENAZAH DI LKSA NURUL HIDAYAH JUNREJO BATU. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (329kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (486kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (472kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (422kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (430kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (192kB) | Request a copy |
|
Text
COVER.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (894kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (299kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Dalam mencapai tujuan pembelajaran dibutuhkan peran seorang guru yang professional agar meteri yang disampaikan dapat diserap siswa. Adapun langkah-langkah yang diambil seorang guru agar dapat mencapai tujuan kegiatan pembelajaran salah satunya adalah penggunaan metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar adalah metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseacrh) karena penelitian bertindak secara langsung dalam penelitian, mulai dari awal sampai akhir tindakan. Berdasarkan hasil belajar siswa dan wawancara yang dilakukan peneliti sebelum penerapan metode demonstrasi pada materi perawatan jenazah di LKSA Nurul Hidayah masih tergolong rendah. Hasil belajar siswa setelah penerapan penerapan metode demonstrasi pada siklus I memperoleh nilai rata-rata kelas 7,15, pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas mencapai 8. Dari data hasil belajar ini dapat terlihat bahwa terjadi peningkatan pemahaman siswa sebanyak 45% yang membuktikan bahwa dengan penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi perawatan jenazah di LKSA Nurul Hidayah
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpus STAIMA AL-HIKAM |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 06:43 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 04:17 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/42 |
Actions (login required)
View Item |