ASHFIYA, ZAIYANA NUR (2021) INTERELASI METODE PEMBELAJARAN HOLISTIK NABI MUHAMMAD SAW DAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
Cover.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
Bab I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (682kB) | Request a copy |
|
Text
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (637kB) | Request a copy |
|
Text
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (275kB) | Request a copy |
|
Text
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (384kB) | Request a copy |
|
Text
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (699kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (119kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (346kB) |
|
Text
Artikel.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (346kB) |
Abstract
Metode pembelajaran yang dilakukan oleh Rasulullah SAW telah terbukti mampu digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan, yaitu mengembalikan manusia pada eksistensinya. Bukan hanya menjadi manusia yang berpengetahuan secara kognitif, melainkan juga mampu menjadi manusia yang mampu menempatkan dirinya dalam lingkungan sosial, mampu menyeimbangkan kecerdasan kognitif, afektif, dan psikomotor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep serta interelasi Metode Pembelajaran Holistik Nabi Muhammad SAW dan Teori Belajar Humanistik Abraham Maslow. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif berjenis penelitian pustaka, dengan menjadikan sejumlah literatur penelitian dan karya-karya para tokoh di bidang metode pembelajaran holistik dan teori belajar humanistik sebagai sumbernya. Sumber data utamanya adalah buku Muhammad SAW The Super Leader Super Manager karya M. Syafii Antonio dan buku Mazhab Ketiga (Psikologi Humanistik Abraham Maslow) karya Frank G. Goble, ditemukan konsep metode pembelajaran holistik Nabi Muhammad (Learning Conditioning, Active Interaction, Aplied-Learning, Scanning and Levelling, Discussion and Feedback, Story Telling, Analogy and Case Study, Teaching and Motivating, Body Language, Picture and Graph Technology, Reasoning and Argumentation, Self Reaction, Affirmation and Repetition Focus and Point Basis, Question and Answer Method, Guessing with Question, Encouraging Student to Ask, Wissdom in Answering Question, Commenting on Student Answer, dan Honest.), enam kebutuhan dasar manusia menurut Abraham Maslow (Kebutuhan Fisiologis, Rasa Aman, Rasa Memiliki-Dimiliki, Penghargaan, Kebutuhan Aktualisasi Diri, dan Hasrat untuk Tahu dan Memahami), keduanya memiliki interelasi antara lain: a. Kebutuhan Fisiologis dilakukan dengan Active Interaction, Scanning and Lavelling; b. Kebutuhan Akan Rasa Aman dilakukan dengan Conditioning, Active Interaction, Scanning and Lavelling; c. Kebutuhan akan Rasa Memiliki-Dimiliki dan Kasih Sayang dilakukan dengan Active Interaction, Scanning and Lavelling, Discussion and Feedback, Touching and Motivating, Wisdom in Answering Question; d. Kebutuhan akan Penghargaan dilakukan dengan Active Interaction, Scanning and Lavelling, Discussion and Feedback, Touching and Motivating, Reasoning, and Argumentation, Commenting on Students Question; e. Kebutuhan akan Aktualisasi Diri dilakukan dengan Self Reflection, Honesty; f. Hasrat untuk Tahu dan Memahami dilakukan dengan Discussion and Feedback, Story Telling, Analogy and Case Study, Picture and Graph Technology, Focus and Point Basis, Question and Answer Method, Guessing with Question, Encouraging Student Ask.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ZAIYANA NUR ASHFIYA 2017.77.01.1005 |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 06:42 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 04:14 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/339 |
Actions (login required)
View Item |