Nur Sya'bana, Faizah (2022) IMPLEMENTASI METODE QUR'ANI SIDOGIRI (MQS) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN CARA MEMBACA AL-QUR'AN DI PESANTREN PUTRI BABUSSALAM PAGELARAN MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
COVER.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (887kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (742kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (926kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (666kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (303kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (446kB) | Request a copy |
|
Text
ARTIKEL.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (989kB) |
Abstract
Nur Sya’bana, Faizah. 2022. Implementasi Metode Qur’ani Sidogiri (MQS) sebagai Upaya Peningkatan Cara Membaca Al-Qur’an di Pesantren Putri Babussalam Pagelaran Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam Malang. Pembimbing: Ali Rif’an, M.Pd.I Kata Kunci: Implementasi, MQS, cara membaca Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Al-Qur’an yang dilakukan di Pesantren Putri Babussalam. Dalam kegiatan pembelajarannya menggunakan Metode Qur’ani Sidogiri (MQS). Pesantren Babussalam sudah banyak memberikan kontribusi kepada masyarakat khususnya kepada anak-anak. Kontribusi tersebut dilakukan dengan mengutus sebagian para santri untuk mengajar Al-Qur’an menggunakan MQS di beberapa Pesantren atau TPQ. Alumninya dari Pesantren Babussalam juga banyak yang mengajarkan Al-Qur’an dengan menggunakan MQS. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui dan mendeskripsikan tentang perencanaan pembelajaran. 2) proses pelaksanaan pembelajaran dan 3) evaluasi dalam pembelajaran Al-Qur’an menggunakan MQS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan penelitian secara langsung di lapangan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan analisis kondensasi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Dalam penelitian yang telah dilakukan ini mendapatkan hasil bahwa implementasi Metode Qur’ani Sidogiri meliputi: 1) Perencanaan, yaitu pengelompokan santri sesuai dengan kemampuannya, memilih pengajar untuk tiap jilidnya, perencaan pembelajaran, perencanaan evaluasi proses dan hasil pembelajaran santri. 2) Proses pelaksanaan meliputi: tutorial klasikal, baca simak klasikal, dan sorogan secara individu. Menerapkan setoran hafalan sesuai dengan target setiap jilidnya pada hari kamis. Menerapkan lalaran setiap hari sebelum pelaksanaan pembelajaran dimulai. 3) Evaluasi meliputi: ujian kenaikan halaman, ujian kenaikan jilid, ujian tashih dan imtihan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | B Karya Umum > BD penelitian |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | FAIZAH NUR SYA'BANA 2018.77.01.1075 |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 03:44 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 04:55 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/329 |
Actions (login required)
View Item |