Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

FARID DZUL KIROM, Muhammad (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TANYA JAWAB PADA PEMBELAJARAN KITAB ZINATUL AQIDAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SANTRI KELAS 4 DI MADRASAH DINIYAH NURUDH DHOLAM KRATON PASURUAN. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (540kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (721kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari proses belajar mengajar tidak lain adalah meningkatkan kompetensi siswa dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Salah satu cara untuk mencapai kompetensi ini yakni dengan menggunakan metode pembelajaan tanya jawab, yang mana jika guru dapat mengetahui kondisi siswa dan mampu mengelola proses pembelajaran dengan tepat maka pembelajaran yang dilakukan mampu membuahkan hasil yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaimana cara guru mengimplementasikan metode pembelajaran tanya jawab pada pembelajaran kitab Zinatul Aqidah pada santri kelas 4 di Madrasah Diniyah Nurudh Dholam Kraton Pasuruan dan apa saja hasil yang dicapai dari pembelajaran kitab Zinatul Aqidah yang dilakukan dengan metode pembelajaran tanya jawab tersebut. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan dengan (1) Pengumpulan data, (2) Kondensasi data, (3) Penyajian data, dan (4) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan dalam pembelajaran kitab Zinatul Aqidah di kelas 4 Madin Nurudh Dholam Kraton guru mengawali proses pembelajaran dengan salam dan doa bersama, kemudian murid di pandu untuk membaca nadzam bersama-sama. Selanjutnya guru menerangkan materi tambahan singkat yang dilajut dengan sesi tanya jawab dan kemudian ditutup keterangan penutup oleh guru. Disamping itu untuk menarik potensi belajar siswa guru juga memiliki cara untuk mengatasi kelemahan metode tanya jawab dan juga teknik bertanya yang baik guna mendapatkan hasil pembelajaran maksimal. Dan dengan adanya dukungan faktor internal yang berupa motivasi belajar siswa yang tinggi, kemampuan kognitif yang memadai, dan minat belajar siswa yang baik. Dan juga dukungan faktor eksternal yang berupa bahan ajar yang baik, metode pembelajaran yang tepat, dan guru yang kompeten. Proses pembelajaran ini membuahkan hasil yang baik. Hasil tersebut dapat dilihat dari beberapa aspek, yakni aspek kognitif yang berupa meningkatnya kemampuan siswa dalam memahami dan menganalisa materi pada kitab Zinatul Aqidah. Aspek Afektif yang berupa meningkatnya percaya diri dan juga motivasi belajar siswa. Dan aspek psikomotorik yang berupa santri mampu menjawab dan menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru dengan baik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: A General > Indexes (General)
B Karya Umum > BD penelitian
D Agama > D Agama
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Farid Dzul Kirom 2018.77.01.1115
Date Deposited: 26 Feb 2024 01:39
Last Modified: 12 Jul 2024 05:19
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/299

Actions (login required)

View Item View Item