Mubarok, Husnil (2021) URGENSI EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM (EMIS) DALAM PENGOLAHAN DATA LEMBAGA DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUSSA'ADAH GUBUKKLAKAH KECAMATAN PONCOKUSUMO KABUPATEN MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
Cover.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (469kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (593kB) | Request a copy |
|
Text
Bab I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini didasari oleh pesatnya perkembangan teknologi dan informasi khususnya pada dunia pendidikan. Sebagai basis pengumpulan data teknologi memiliki peran sangat penting dalam sistem informasi manajemen pada lembaga pendidikan. Sebagai penunjang tercapainya tujuan pendidikan EMIS diharapkan mampu menciptakan sebuah sistem informasi manajemen sehingga dapat digunakan sebagai dasar pengelolaan data yang valid dan mudah dibaca. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan terkait perencanaan EMIS dalam pengelolaan data lembaga, pelaksanaan, serta fakor yang mendukung dan menghambat EMIS dalam pengelolaan data lembaga di Madrasah Tsanawiyah Darussa’adah Gubugklakah Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualtatif dengan janis penelitian studi kasus. Dengan menggunakan peneltian kualitatif deskriprif, peneliti menjadi instrumen utama. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara terstuktur, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: Pertama, perencanaan EMIS sudah dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan, pengelolaan EMIS jika sesuai dengan tujuan yang ditetapkan oleh pemerintah maka dapat digunakan sebagai pengambilan keputusan. Kedua, pelaksanaan EMIS dalam pengelolaan data meliputi: mengumpulkan data, mereduksi semua data yang masuk, menginput data sesuai yang ada didalam EMIS, validasi data, cetak BAP. Ketiga, faktor yang mendukung dan menghambat pengelolaan data EMIS, diantaranya: Faktor pendukung, meliputi: kecepatan jaringan internet, hardware dan software yang mumpuni, kinerja operator, dan reward. Faktor penghambat, meliputi: jaringan yang trobel, sumber daya manusia yang kurang mumpuni, server pusat yang sering gangguan, perubahan-perubahan kebijakan, serta kelengkapan data yang tidak maksimal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Husnil Mubarok 2017.77.20.051 |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 06:12 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 04:17 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/258 |
Actions (login required)
View Item |