Inayah, Asmaul (2023) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MTS WAHID HASYIM 02 DAU MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
![]() |
Text
cover INAYA.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I-1.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (374kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (584kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (302kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (743kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (314kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (105kB) |
Abstract
Asmaul Inayah. 2023. Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Di MTs Wahid Hasyim 02 Dau. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam “Ma’had Aly Al-Hikam” Malang. Pembimbing: Anas Tania Januari, S. HI., M. E Kata Kunci: Strategi Guru Akidah AkhlakI, Karakter Religius Siswa Latar belakang dalam penelitian ini adalah pentingnya karakter religius pada siswa yang bertujuan untuk membentuk manusia yang berkarakter dan berkepribadian Islam, dengan demikian perlu adanya strategi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan karakter religius siswa. MTs Wahid Hasyim 02 Dau sebagai sekolah formal dau harus mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan Islam. Beberapa Strategi yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak meliputi perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan karakter religius siswa di MTs Wahid Hasyim 02 Dau dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi guru PAI di MTs Wahid Hasyim 02 Dau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan reduksi data, penyajian data (data display), dan menarik kesimpulan. Dari Hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa strategi yang dilakukan oleh Guru Akidah Akhlak meliputi perencanaan, pelaksanaan dan Evaluasi, (1) Perencanaan dilakukan bersama dengan musyawarah antara berbagai pihak madrasah pada setiap bulan juli dan dilaksanakan pada pada tahun ajaran baru sebagai evaluasi program sebelumnya. (2) Pelaksanaan dilakukan dengan adanya berbagai program kegiatan spiritual seperti shalat dhuha, shalat dhuhur, shalat jumat, membaca Al-Qur’an, tausiyah, tahlil dan istighotsah, peringatan hari besar Islam, esktrakulikuler, dan lain sebagainya sebagai upaya dalam mendekatkan diri kepada Allah dan hubungan dengan manusia. (3) Evaluasi dilakukan menjelang akhir tahun pelajaran, evaluasi dilakukan secara terusmenerus oleh guru selama siswa di madrasah, proses evaluasi dilakukan langsung oleh bapak ibu guru, kemudian ketika berada dirumah siswa diawasi oleh orang tua. Dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak untuk mendukung perkembangan siswa memberikan motivasi dalam meningkatkan karakter religius siswa yang terpuji.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | B Karya Umum > BD penelitian |
Depositing User: | Asmaul Inayah 1977011346 |
Date Deposited: | 27 Sep 2025 06:19 |
Last Modified: | 27 Sep 2025 06:19 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1740 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |