Wutsqo, Ruqoyyah Urwatun (2025) RELEVANSI ETIKA GURU DALAM KITAB ADAB AL-ALIM WA AL-MUTA'ALIM DENGAN STANDAR KOMPETENSI GURU PAI DI INDONESIA. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
![]() |
Text
Cover.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (941kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (297kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (336kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (942kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (592kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (124kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (216kB) |
Abstract
Etika guru merupakan fondasi utama dalam membentuk karakter dan suasana pembelajaran yang bermakna. Dalam tradisi pendidikan Islam, guru tidak hanya berperan sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembimbing ruhani dan penjaga nilai-nilai keilmuan. Kitab Adab al-‘Ālim wa al-Muta‘allim karya KH. Hasyim Asy‘ari memuat prinsip-prinsip etika yang mencakup aspek pribadi, perilaku saat mengajar, dan interaksi dengan murid. Nilai-nilai tersebut menekankan integritas spiritual, keikhlasan, keteladanan, serta tanggung jawab moral yang mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam etika guru yang dijabarkan dalam kitab tersebut dan merelevansikannya dengan standar kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) di Indonesia. Fokus utama diarahkan pada tiga bab dalam kitab yang membahas etika guru, dengan harapan dapat memperkaya pemahaman tentang peran guru sebagai pendidik yang berkarakter dan berjiwa pengabdian. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif kepustakaan dengan pendekatan analisis isi. Sumber primer berupa kitab Adab al-‘Ālim wa al-Muta‘allim, didukung oleh literatur akademik dan regulasi pendidikan nasional seperti UU No. 14 Tahun 2005 dan KMA No. 211 Tahun 2011. Data dianalisis secara tematik dan kontekstual untuk menemukan relevansi antara nilai-nilai etika klasik dan kompetensi guru modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika guru dalam kitab tersebut memiliki relevansi yang kuat dengan enam kompetensi guru PAI: pedagogik, kepribadian, sosial, profesional, spiritual, dan leadership. Etika klasik memperkaya kerangka kompetensi modern dengan dimensi ruhani dan adab, menjadikan guru PAI sebagai teladan moral dan pembimbing spiritual. Dengan demikian, warisan keilmuan KH. Hasyim Asy‘ari tetap kontekstual dan aplikatif dalam menjawab tantangan pendidikan Islam masa kini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruqoyyah Urwatun Wutsqo 2177011852 |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 06:31 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 06:31 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1675 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |