Putri, Intan Oktafiani (2024) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X DI MAN 3 MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (731kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (493kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (453kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (357kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (304kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (248kB) |
Abstract
Kata Kunci : Peta Konsep, Hasil Belajar Kognitif, Sejarah Kebudayaan Islam Penelitian ini di latar belakangi oleh kompleksitas penyajian materi Sejarah Kebudayaan Islam, yang dapat membuat peserta didik kesulitan memahami dan mengingat materi. Pembahasan yang luas dan beragam juga berpotensi menimbulkan rasa bosan, terutama saat dipelajari secara mandiri. Oleh karena itu, pendidik perlu menerapkan strategi yang efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah peta konsep, sebagaimana dijelaskan dalam teori Novak dan Gowin, bahwa peta konsep dapat digunakan sebagai alat pembelajaran sekaligus untuk mengukur pemahaman peserta didik. Selain itu, teori Jean Piaget menyatakan bahwa pada tahap operasi formal (usia 11 tahun ke atas), individu telah mampu berpikir logis, memahami hubungan antar konsep, serta menarik kesimpulan secara deduktif berdasarkan hipotesis. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Pengaruh penerapan strategi peta konsep terhadap peningkatan hasil belajar ranah kognitif peserta didik pada mata Sejarah Kebudayaan Islam kelas X di MAN 3 Malang. Adapun metode penelitian yang digunakan, yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian ekperimen murni atau true exsperimentaI menggunakan design Pre-test Post-test Control Group Desain. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sejumlah 54 pesserta didik. Adapun isntrumen penelitias yang digunakan adalah tes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, dan reliabilitas, uji normalitas dan homogenutas, dan uji t-test. Hasil penelitian adalah strategi peta konsep memiliki pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar kognitif sejarah kebudayaan Islam peserta didik kelas X di MAN 3 Malang dengan nilai thitung > ttabel yaitu 2,232 > 1,675 dan (sig.2-tailed) yaitu 0,030 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) D Agama > D Agama S Sejarah > S Sejarah |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Intan Oktafiani Putri 2077011557 |
Date Deposited: | 23 Aug 2025 01:03 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 01:03 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1564 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |