Romadhon, Ryan (2022) Implementasi Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa (Studi Kasus SMP Negeri 4 Ampelgading Satu Atap). S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
ARTIKEL RYAN SUDAH tahap 2-1.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (369kB) |
|
Text
COVER SKRIPSII mantap.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
COVER SKRIPSII mantap.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB I Skripsi Ryan.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (628kB) |
|
Text
BAB II Skripsi Ryan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (378kB) |
|
Text
BAB III Skripsi Ryan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (701kB) |
|
Text
BAB IV Skripsi Ryan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (309kB) |
|
Text
BAB V Skripsi Ryan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (116kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI RYAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (162kB) |
Abstract
Manajemen kurikulum sangat erat kaitannya dengan pembelajaran, karena pada hakikatnya kurikulum adalah pedoman yang digunakan sekolah dalam melaksanakan proses pembelajaran, oleh karena itu setiap guru diharuskan memahami penerapan manajemen kurikulum dengan baik agar pembelajaran yang terlaksana disekolah dapat berjalan secara efektif dan efisien serta mampu meningkatkan kualitas pembelajaran siswa dan meningkatkan mutu Pendidikan. Masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah masalah lemahnya pengelolaan sistem manajemen kurikulum yang mana kurikulum merupakan pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran. Implementasi manajemen kurikulum di SMP Negeri 4 Ampelgading Satu Atap merupakan langkah awal dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Berdasarkan uraian tersebut maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah a). Bagaimana perencanaan kurikulum di SMP Negeri 4 Ampelgading Satu Atap b). Bagaimana pelaksanaan kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di SMP Negeri 4 Ampelgading Satu Atap? c). Bagaimana evaluasi kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di SMP Negeri 4 Ampelgading Satu Atap? Tujuan penelitian ini diadakan yakni guna mengetahui bagaimana proses implementasi manajemen kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan pengumpulan data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) perencanaan kurikulum meliputi analisis konteks dengan menggunakan model analisis SWOT (2) penerapan kurikulum meliputi pelaksanaan kurikulum tingkat sekolah dan tingkat kelas, pada tingkat sekolah yakni memfokuskan pada kegiatan keagamaan dan ekstrakurikuler sedangkan pada tingkat kelas yakni meliputi penyusunan RPP, metode, dan strategi pembelajaran, serta memperhatikan pelayanan guru terhadap siswa sebagai indikator pengamatan terhadap kualitas pembelajaran siswa (3) Evaluasi kurikulum melalui pelaporan dari tenaga pendidik dan pertemuan rapat pada akhir tahun ajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) |
Depositing User: | RYAN ROMADHON 2018.77.20.088 |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 01:33 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 04:58 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/151 |
Actions (login required)
View Item |