Khasanah, Riska (2020) PENERAPAN METODE DRILL PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIS DI MTs BAHRUL ULUM TAJINAN MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
![]() |
Text
BAB 1.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (427kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (683kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (267kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (795kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (167kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (175kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Khasanah, Riska. 2020: Penerapan Metode Drill Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Bahrul Ulum Tajinan Malang. Skripsi, jurusan Pendidikan agama islam, STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang. Pembimbing Skripsi, Dr. Mohammad Sulthon, M.Pd. Kata kunci: Metode, Drill, Al-Qur’an Hadis Metode drill merupakan suatu kegiatan latihan yang dilakukan secara berulang-ulang untuk mendapatkan keterampilan dan ketangkasan praktis mengenai pengetahuan yang telah dipelajari. Penerapan metode ini dilakukan pada lembaga sekolah swasta dengan kebanyakan guru di sana masih menggunakan metode pembelajaran yang tradisional. Berbeda dengan guru Al-Qur’an Hadis yang menggunakan metode drill dengan inovasi baru berupa gamified drills yaitu permainan dengan konsep drill, untuk itu peneliti mengangkat judul ini untuk mendeskripsikan penerapan metode drill pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Fokus penelitian ini meliputi: 1. Perencanaan penerapan metode drill pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs bahrul Ulum Tajinan Malang, 2. Pelaksanaan penerapan metode drill pada mata pelajaran AlQur’an Hadis di MTs Bahrul Ulum Tajinan Malang, 3. Evaluasi penerapan metode drill pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs bahrul Ulum Tajinan Malang. Dengan tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan dari setiap perencanaan, pelaksanaandan evaluasi yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan, wawancara semi structure dan dokumen. Teknik penentuan subjek data menggunakan purposive sampling dengan subyek penelitian: Kepala Madrasah, WKM Kurikulum, Guru Al-Qur’an Hadis, Peserta didik kelas VII A dan VII B. Analisis data menggunakan analisis model miles dan huberman, keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Perencanaan dalam penerapan metode drill ini guru menyiapkan Silabus dan RPP terlebih dahulu dengan merencanakan langkah metode yang akan digunakan, kemudian RPP diberikan kepada WKM Kurikulum dan disahkan oleh kepala Madrasah. 2. Pelaksanaan metode drill ini guru membaginya menjadi 3, yaitu: tahap awal (pembuka), tahap tengah (kegiatan inti), dan tahap akhir (penutup). 3. Evaluasi dalam penerapan metode drill ini guru menggunakan 2 jenis evaluasi yaitu tes tulis dan tes lisan yang bertujuan untuk menguatkan materi yang diperoleh oleh peserta didik ketika kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) B Karya Umum > BD penelitian D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Riska khasanah 2016.77.01.869 |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 05:48 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 05:48 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1471 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |