Fuadin, M Yusril (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB KUNINF DSENGAN METODE WAFIYAH DI PONDOK PESANTREN AL-MUKHLISIN KOTA BATU. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
![]() |
Text
Cover ( M Yusril Fuadin ).pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I (M Yusril Fuadin ).pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (381kB) |
![]() |
Text
BAB II ( M Yusril Fuadin ).pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (410kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III ( M Yusril Fuadin ).pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (203kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV ( M Yusril Fuadin ).pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V ( M Yusril Fuadin ).pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (461kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB VI ( M Yusril Fuadin ).pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (118kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA ( M Yusril Fuadin ).pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (197kB) |
Abstract
Penyampaian ilmu agama dalam pesantren salaf yang bersifat baku karena dalam melakukan prakteknya seringkali yang kita jumpai ialah sebuah pembelajaran dengan penerapan salah satu metode, antara : sorogan ( berbasis siswa ) dan bandongan ( berbasis guru ). Tujuan penelitian ini, untuk memberikan pengembangan dari beberapa metode yang diterapkan sebelumnya Dan bisa memberikan manfaat bagi khalayak umum, khususnya bagi Pondok Pesantren Al-Mukhlisin Putra Kota Batu, sebagai objek penelitian, dalam durasi waktu 2 bulan antara tanggal 18 Februari – 21 April 2025. Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Kehadiran peneliti dalam observasi penelitian sebagai pastisipasi aktif. Keabsahan data penelitian diuji dengan teknik triangulasi sumber. Hasil Penelitian menunjukkan: 1). Implementasi metode wafiyah ini dilakukan dalam durasi waktu 30 menit, dengan menggabungkan 2 metode yaitu: bandongan dan sorogan ditambahkan dengan metode umum pada sekolah formal. Pelaksanaan evaluasi dilakukan setiap akhir pembelajaran dan akhir bulan. 2). Implikasi dari implementasi metode wafiyah ini, antara lain: buku pedoman ilmu nahwu ialah pengembangan dari kitab Jurumiyah dan Imrity, Kompetensi para santri yang lulus berfokus pada Keilmuan Nahwu dan fikih, Pelaksanaan metode wafiyah yang meraih banyak respon positif dari kalangan santri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) G Sosial > G Kurikulum G Sosial > GB Pendidikan |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M Yusril Fuadin 2177011735 |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 07:02 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 07:02 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1470 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |